Wortel, si Cerah Banyak Manfaat

Minggu, 18 Januari 2015 - 10:24 WIB
Wortel, si Cerah Banyak Manfaat
Wortel, si Cerah Banyak Manfaat
A A A
Wortel sebagai sayuran akar, biasanya oranye, meskipun varietas ungu, merah, putih, dan kuning ini memiliki tekstur renyah. Bagian dari wortel adalah akar tunggang meskipun kadang-kadang hijau dimakan juga.

Ini adalah bentuk jinak dari wortel Daucus carota , asli ke Eropa dan Asia Barat Daya. Wortel negeri telah selektif dibiakkan. Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) melaporkan bahwa produksi dunia wortel dan lobak (tanaman ini dikombinasikan oleh FAO untuk tujuan pelaporan) pada 2011 hampir 35.658.000 ton. Hampir setengah ditanam di China.

Wortel yang banyak digunakan dalam berbagai masakan, terutama dalam salad, dan salad wortel adalah tradisi di banyak masakan daerah. Wortel ungu, masih oranye di dalamnya, dijual di toko-toko di Inggris sejak 2002. Daucus carota adalah tanaman dua tahunan yang tumbuh roset daun pada musim semi dan musim panas. Sementara pertumbuhan akar tunggang gemuk yang menyimpan sejumlah besar gula untuk tanaman bunga pada tahun kedua.

Segera setelah perkecambahan, bibit wortel menunjukkan demarkasi yang berbeda antara akar tunggang dan hipokotil tersebut. Yang terakhir ini lebih tebal dan tidak memiliki akar lateral. Pada ujung atas hipokotil adalah daun biji. Daun yang benar pertama kali muncul sekitar 10-15 hari setelah perkecambahan.

Daun berikutnya, yang dihasilkan dari node induk, yang bergantian (dengan daun tunggal yang melekat pada node, dan daun yang tumbuh di arah alternatif) dan majemuk, serta diatur dalam spiral. Pisau daun menyirip. Sebagai tanaman tumbuh, basis kotiledon didorong terpisah. Batang, terletak tepat di atas tanah, yang dikompresi dan ruas tidak berbeda.

Ketika tangkai biji memanjang, ujung menyempit dan menjadi menunjuk, memanjang ke atas, dan menjadi perbungaan bercabang. Batang tumbuh 60-200 cm (20-80 in) tinggi. Sebagian besar akar tunggang yang terdiri atas korteks parenkim luar (floem) dan inti (xilem ). Wortel berkualitas tinggi memiliki sebagian besar korteks dibandingkan dengan inti.

Meskipun wortel sepenuhnya bebas xilem tidak mungkin, beberapa kultivar memiliki core kecil dan sangat berpigmen; akar tunggang yang dapat muncul kurang inti ketika warna korteks dan inti serupa dalam intensitas. Akar tunggang biasanya berbentuk kerucut, meskipun kultivar silinder dan bulat yang tersedia.

Diameter akar dapat berkisar dari 1 cm (0,4 in) sebanyak 10 cm (4 in) di bagian terluas. Panjang akar berkisar 5-50 cm (2,0-19,7 di), meskipun sebagian besar adalah antara 10 dan 25 cm. Di India wortel digunakan dalam berbagai masakan, seperti salad atau sayuran ditambahkan ke nasi pedas atau piring dal.

Sebuah variasi populer di India utara adalah Gajar Ka Halwa wortel, yaitu hidangan penutup yang ditambahkan wortel parut dan dimasak dalam susu sampai seluruh campuran solid, setelah itu kacang-kacangan dan mentega ditambahkan. Wortel salad biasanya dibuat dengan parutan wortel dengan bumbu biji mustard dan cabai hijau muncul dalam minyak panas.

Sejak 1980-an, wortel atau miniwortel (wortel yang telah dikupas dan dipotong menjadi silinder yang seragam) telah populer, siap makan makanan ringan yang tersedia di banyak supermarket. Wortel bubur dan digunakan sebagai makanan bayi, dehidrasi membuat chip , serpih, dan bubuk, dan iris tipis dan goreng, seperti keripik kentang. Manisnya wortel memungkinkan sayuran yang akan digunakan dalam beberapa peran buah.

Wortel parut digunakan dalam kue wortel serta puding wortel, hidangan Inggris diperkirakan berasal pada awal abad ke- 19. Wortel juga dapat digunakan sendiri atau dengan buah-buahan. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu wortel ukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dianggap sebagai ukuran porsi. Satu ukuran porsi wortel menyediakan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula, dan 1 gram protein.

Wortel merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, menyediakan 210% dari kebutuhan orang dewasa rata-rata per hari. Mereka juga menyediakan 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan besi per porsi. Ini adalah antioksidan beta-karoten yang memberikan wortel berwarna oranye terang mereka.

Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan. Wortel juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E, dan seng. Pasar petani dan beberapa toko-toko khusus membawa wortel dalam berbagai warna, seperti ungu, kuning, dan merah yang berisi berbagai antioksidan pinjaman, (seperti antosianin dalam wortel ungu dan lycopene dalam wortel merah).

Sebuah penelitian menunjukkan, peningkatan asupan buahbuahan dan sayuran yang kaya antioksidan mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, wortel disertakan. Berbagai karotenoid diet telah terbukti memiliki efek antikanker karena kekuatan antioksidan mereka dalam mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Ekstrak wortel terbukti dapat membunuh sel-sel leukemia dan menghambat kemajuan mereka dalam penelitian. Di antara orang-orang yang lebih muda, diet yang terdapat pada betakaroten dapat memainkan peran protektif terhadap kanker prostat, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health Department tentang nutrisi.

Menurut Duke dokter mata Jill KouryMD, kekurangan vitamin A menyebabkan segmen luar fotoreseptor mata memburuk, merusak penglihatan normal. Memperbaiki kekurangan vitamin A dengan makanan tinggi beta-karoten akan mengembalikan penglihatan.

Dari semua manfaat yang sudah disebutkan, tidak mengherankan bahwa dalam studi Harvard University, orang yang makan lebih dari enam wortel seminggu lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke daripada mereka yang makan hanya satu wortel satu bulan atau kurang. Lupakan pil vitamin A. Dengan powerfood renyah oranye ini, Anda mendapatkan vitamin A dan sejumlah manfaat kesehatan lainnya, termasuk kulit yang indah, pencegahan kanker, dan anti-penuaan.

SYLVANIA OKTYVANI USDOKO
Email: agnessylvania@gmail.com
Twitter: @agnessylvn
Alumni DCT and Culinary Arts Academy Switzerland
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6054 seconds (0.1#10.140)