Manis Segar Dessert Khas Korea

Selasa, 20 Januari 2015 - 12:32 WIB
Manis Segar Dessert Khas Korea
Manis Segar Dessert Khas Korea
A A A
Dessert ala Taiwan memang tengah booming di Jakarta. Salah satunya Hong Tang. Es serut, es krim, cincau, mochi, q ball, dan siraman susu segar dalam satu mangkuk, menjadikan dessert ini amat menggoda.

Sruput ... Warga Jakarta sedang menggilai dessert yang ditawarkan salah satu gerai yang mengadopsi panganan asal Taiwan. Sosial medialah pemicunya. Kebiasaan netizen yang mendokumentasikan makanan pesanannya sebelum disantap ternyata membuahkan hasil manis pada gerai yang berdiri sejak 2012 tersebut. Hingga saat ini, Hong Tang telah memiliki tak kurang dari sembilan outlet yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

KORAN SINDO meluangkan waktu untuk bertandang ke salah satu cabangnya di Grand Indonesia. Tepat waktu makan siang, tampak beberapa kursi dipenuhi pengunjung. Apakah mereka sebenarnya ke sini untuk makan siang atau sudah selesai makan siang dan ingin menikmati hidangan penutup? Sebab gerai ini sendiri tidak melengkapi menunya dengan makanan berat. Murni hanya dessert dan minuman.

”Tapi porsinya cukup besar, jadi mengenyangkan kok,” kata Riki Rustandi selaku pemilik. Masa sih sebesar itu? Namanya hidangan pencuci mulut lazimnya ya hanya disajikan secukupnya mengingat sebelumnya telah makan berat. Namanya juga hidangan penutup. Ketika Riki mengeluarkan beberapa koleksi terlaris menunya, terjawab sudah. Ya, mangkuk melamin dessert ini memang cukup besar belum lagi aneka topping dan es serut di dalamnya. Lagi pula pada dasarnya hidangan manis memang bersifat mengenyangkan.

Beruntung KORAN SINDO berkesempatan mencicipi grass jelly series nomor 28. Menu yang paling difavoritkan pelanggan. Isinya ada es krim matcha, boba , cincau, dan mochi warna-warni. Boba -nya kenyal, ada semburat aroma teh taiwan. Cincau hitamnya lembut dan membuat adem tenggorokan. Mochi -nya sendiri beraneka warna, yakni putih, kuning, dan merah muda. Teksturnya juga kenyal dan rasanya manis.

Dessert ini tak menggunakan air sirup sebagai pemanis lagi karena es krimnya sudah manis. Juga ada es serut dan susu segar. Es serut memiliki rasa tersendiri. Es yang warna ungu diambil dari talas, sedangkan warna bening hanya es biasa, dan ada pula rasa kacang kedelai. Adapun q ball berasal dari ubi dan talas. ”Untuk versi hot, susunya bisa diganti dengan teh semacam liang teh,” sebut Riki.

Menu lain yang KORAN SINDO coba ialah pudding series. Di bagian bawahnya ada es serut dan siraman susu segar serta beberapa macam puding berukuran besar. Puding ini memiliki tiga rasa. Ada mangga, cokelat, dan kopi. Sebenarnya gambar-gambar dessert yang terpampang di daftar menu sudah cukup jelas. Karena itu, konsumen memiliki gambaran sebelum memesan. Seri yang ditawarkan juga cukup beragam. Ada soya series, ice cream series, mango, dan classic series.

Es krim series pilihannya ada vanila, cokelat, matcha alias teh hijau, serta cappucino . Ada pula mixed fruit dan seri khusus mangga. ”Kami ingin Hong Tang bisa masuk ke semua selera pengunjung, termasuk orang tua. Makanya di sini kami tawarkan seri klasik,” ujar Riki. Deretan dessert hangatnya tampak akrab di lidah kita. Ada kembang tahu, sup biji wijen, ronde, cincau, dan ketan hitam.

Hong Tang juga mengajak pengunjung berkreasi menciptakan dessert sendiri. Tugas Anda tinggal memilih base yang disediakan, yakni es serut, zimi soup, soya dessert, dan grass jelly dessert . Untuk topping -nya, ada barley, coconut jely, mixed fruit, taro paste, egg pudding , dan red beans dengan harga mulai Rp5.000. Deretan dessert ala gerai ini dibanderol mulai Rp 20.000- Rp60.000.

Sebagai teman bersantap, ada pilihan minuman untuk mengusir rasa haus setelah menyantapnya. Antara lain aneka teh, susu kacang kedelai, milk tea dengan topping, dan float es krim. Gerai berkapasitas 80 kursi ini mengambil desain Chinese klasik modern dengan dominasi kayu.

Sri noviarni
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6104 seconds (0.1#10.140)