Mengenal Jenis Mentega

Selasa, 20 Januari 2015 - 12:37 WIB
Mengenal Jenis Mentega
Mengenal Jenis Mentega
A A A
1.Mentega Merupakan produk susu yang sedikitnya mengandung 80% lemak susu. Mentega lebih mudah meleleh bila diletakkan di suhu ruang. Rasanya gurih dan aromanya harum.

2.Butter (vegetable oil mixture) Dibuat dari campuran lemak hewani dan nabati. Bentuknya creamy namun mudah berminyak bila diletakkan di suhu ruang. Aromanya tidak seharum butter, tapi lebih tajam daripada mentega.

3.Margarin Terbuat dari minyak nabati yang umumnya berasal dari kelapa sawit. Teksturnya lebih padat dan titik lelehnya lebih tinggi dibandingkan mentega karena ada proses hidrogenasi (penjenuhan asam lemak). Warnanya juga lebih kuning ketimbang mentega karena adanya tambahan zat pewarna alami, seperti karotenoid.

4.Shortening Walau sering disebut dengan mentega putih, shortening justru sama dengan margarin karena terbuat dari minyak nabati. Warnanya cenderung putih hingga kekuningan, tergantung lamanya proses hidrogenasi. Makin lama proses penjenuhan asam lemaknya, warnanya semakin putih.

5.Minyak samin Adalah minyak nabati yang berbentuk seperti krem, mirip mentega, berwarna kuning. Dijual dalam kemasan kaleng. Umumnya digunakan sebagai bahan tambahan sup kambing.

6.Clarified butter Adalah sejenis mentega yang terbuat dari susu sapi, kerbau, kambing atau domba, yang telah diasamkan. Teksturnya lebih lunak daripada mentega, lebih cepat meleleh di suhu ruang, warnanya kuning dengan aroma yang tajam.

7.Minyak goreng padat Minyak goreng yang tidak berbentuk liquid /cair melainkan berbentuk lemak padat nabati. Mempunyai titik didih yang lebih tinggi daripada minyak goreng biasa. Karena sifatnya yang padat, gorengan yang dihasilkan lebih tiris sehingga lebih garing dan renyah. Biasanya digunakan untuk menggoreng donat.

Novi
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7905 seconds (0.1#10.140)
pixels