Pemprov NTB Gelar Tambora Menyapa Dunia

Selasa, 20 Januari 2015 - 14:45 WIB
Pemprov NTB Gelar Tambora Menyapa Dunia
Pemprov NTB Gelar Tambora Menyapa Dunia
A A A
DOMPU - Menyambut peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar acara Tambora Menyapa Dunia. Puncak acara ini dijadwalkan diselenggarakan pada April 2015.

Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin mengungkapkan, kegiatan tersebut ditargetkan dapat meraup kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri hingga 2 juta orang. Sementara itu, dikutip dari Indonesi Travel, Bupati Dompu Bambang M Yasin, mengajak masyarakat Dompu untuk bersama-sama menyukseskan acara tersebut sebagai sarana untuk membuka mata dunia bahwa di Dompu terdapat sebuah gunung yang pernah meletus dan menimbulkan perubahan yang luar biasa pada dunia.

Sebelum kegiatan Tambora Menyapa Dunia digelar, Pemprov NTB telah melaksanakan beberapa kegiatan. Di antaranya adalah Festival Tambora 2014 pada November lalu dan pendakian bersama ke Gunung Tambora pada Agustus 2014 yang diikuti 60 pendaki yang terdiri atas wartawan, mahasiswa pecinta alam dan Pemerintah Kabupaten Dompu.

Tahun 1815 adalah tahun bersejarah bagi perubahan iklim di dunia. Banyak juga yang menyebutnya sebagai “kiamat kecil” lantaran pada tahun tersebut Gunung Tambora meletus hebat.

Gunung Tambora adalah stratovolcano aktif yang terletak di Pulau Sumbawa. Letusan gunung setinggi 2.851 m dpl itu menjadi letusan terbesar sejak letusan Danau Taupo pada 181. Sebelumnya, Gunung Tambora memiliki tinggi 4882 m dpl dan menjadi puncak tertinggi kedua di Indonesia setelah Jaya Wijaya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5929 seconds (0.1#10.140)