Membuat Susu Kacang Almond

Rabu, 21 Januari 2015 - 10:21 WIB
Membuat Susu Kacang Almond
Membuat Susu Kacang Almond
A A A
RAW almond milk atau susu kacang almond tengah tren di Tanah Air, khususnya Jakarta. Nutrisi yang terkandung dalam kacang almond memang baik untuk kesehatan. Selain dibuat susu, kacang ini bisa diolah menjadi makanan.

Belakangan ini, raw almond milk sedang hangat diperbincangkan orang. Susu kacang almond tersebut banyak dijual, baik di sentra jajanan, pusat kebugaran, maupun secara online dengan berbagai merek. Minuman ini dijual dalam kemasan botol dengan ukuran yang variatif. Masing-masing minuman hasil sari kacang almond yang dijual berbagai merek tersebut memiliki keistimewaan tersendiri.

Bukan hanya itu, untuk memanjakan lidah, raw almond milk juga dijual dengan aneka rasa. Ada baiknya memilih rasa original atau rasa asli tanpa campuran bahan lain yang justru dapat mengurangi kandungan vitamin di dalamnya. Namun, susu almond yang ditawarkan harganya relatif mahal. Ini karena minuman itu masih diproduksi secara homemade atau dalam skala industri rumahan.

Menurut catatan Kementerian Pertanian Amerika Serikat, dalam 100 gram minuman tersebut terkandung 20 gram protein, 20 gram karbohidrat, dan 45 gram lemak. Selebihnya, mineral dan vitamin. Lemak yang mendominasi susu almond tergolong lemak baik atau lemak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Sifat lemak ini dapat menurunkan kolesterol. Selain aman sebagai menu utama berdiet, ternyata kacang almond pun mampu menyehatkan jantung.

Anda pun bisa menjadikannya alternatif pengganti susu sapi ataupun susu kedelai bagi yang menderita alergi. Nah, bagi Anda yang terbiasa membeli susu kacang almond ini, mengapa tidak mencoba membuat sendiri. Proses pengolahannya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Apalagi, Anda bisa menjamin kesterilan serta kehigienisan susu tersebut.

Tentunya lebih aman serta tak perlu waswas lagi akan kandungan yang terdapat di dalamnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu 200 hingga 250 gram kacang almond utuh, 6 cup air matang, air secukupnya untuk merendam kacang almond, garam secukupnya, vanili essence atau lainnya, madu atau kurma sebagai penambah rasa. Cara membuatnya, pertama-tama, rendamlah kacang almond yang telah disediakan selama kurang lebih 12 jam.

Setiap 6 jam sekali ganti air dengan air bersih lainnya. Jika Anda tak ingin ada kulitnya, kupas kulit hingga bersih. Setelah kacang almond dirasa bersih, masukkan ke dalam blender. Tambahkan air matang yang telah disediakan sebelumnya. Blender kacang almond hingga halus dan tak bertekstur kasar lagi. Campurkan pula vanili essence yang telah disediakan sebelumnya.

Jika Anda ingin menambahkan madu atau kurma, bisa dilakukan selagi kacang almond diblender. Tahap selanjutnya, yaitu penyaringan. Lakukan penyaringan antara ampas dan susu almond yang telah diolah tadi. Ada baiknya penyaringan dilakukan dua kali agar ampas tak ikut terbawa. Untuk pertama, Anda bisa menyaring susu almond menggunakan saringan biasa.

Setelah itu, saring kembali dengan menggunakan penyaring kain yang dimiliki. Nah susu kacang almond sudah siap untuk dikonsumsi. Namun, ada yang perlu Anda ketahui, minuman hasil ekstraksi buah badam (Prunus dulcis ) tersebut sebenarnya tidak bisa disebut sebagai susu. Ahli gizi Emilia Achmadi mengatakan, susu adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar susu.

”Minuman yang terbuat melalui ekstraksi, lebih tepat disebut sari, seperti sari kacang hijau,” ujarnya. Tidak sebatas pada sumber, sari tanaman tidak bisa disebut susu karena kandungan kalsiumnya terlalu kecil. Jauh dibanding susu mamalia.

Sri noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6022 seconds (0.1#10.140)