Pakar Kembangkan Masker Wajah dari Tempe

Rabu, 21 Januari 2015 - 19:29 WIB
Pakar Kembangkan Masker Wajah dari Tempe
Pakar Kembangkan Masker Wajah dari Tempe
A A A
JAKARTA - Selama ini tempe dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya protein. Tapi, pernahkah Anda membayangkan tempe menjadi salah satu produk kecantikan yang juga punya banyak khasiat untuk kulit?

Mungkin agak aneh jika kita membayangkan memolesi muka kita dengan tempe yang difungsikan sebagai masker. Tapi, Prof. Dr. F. G Winarno, seorang pakar gizi, saat ini tengah mengembangkan masker muka yang dibuat dari tempe.

“Tempe itu mengandung antoksidan sehingga bisa digunakan untuk menjadi bahan kosmetik," ujar Winarno di Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Menurut dia, masker tempe ini—jika digunakan secara teratur—akan membantu mengurangi keriput pada wajah dan menjadikan kulit muka tampak lebih muda. Selain itu, masker ini juga bisa membunuh bakteri pada kulit wajah yang bisa menyebabkan penuaan dini.

"Masker tempe, juga bisa berfungsi sebagai whitening aging, yang bisa membunuh bakteri di pipi, jadi kulit wajah nggak terlalu cepat menua pada usia muda," papar dia.

Tapi, masker tempe untuk wajah ini belum akan dirilis dalam waktu dekat. Diskusi panjang dengan pakar pangan dan pakar bioteknikal masih dibutuhkan untuk merealiasikannya. Diperkirakan, masker tempe ini baru bisa diproduksi sekitar 10 tahun mendatang. Ini juga tergantung atas bagiamana masyarakat Indonesia menyadari pentingnya tempe untuk kesehatan dan kecantikan. “Agar tempe tidak hanya jadi makanan tapi bisa merambah ke industri kreatif," pungkas Winarno.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6656 seconds (0.1#10.140)