Cegah Penyebaran HIV/AIDS Menggunakan Obat PrEP

Jum'at, 23 Januari 2015 - 14:25 WIB
Cegah Penyebaran HIV/AIDS Menggunakan Obat PrEP
Cegah Penyebaran HIV/AIDS Menggunakan Obat PrEP
A A A
JAKARTA - Sebagai alternatif dalam strategi upaya penanggulangan dan mencegah penularan HIV/AIDS para ilmuwan kesehatan di dunia mengembangkan penggunaan obat post-exposure prophylaxis (PrEP) yang berbentuk pil. Hal ini dilakukan karena sebelumnya hanya pemakaian kondom yang kerap kali menjadi alternatif untuk pencegahan terjadinya penularan virus HIV .

Namun, Independent Consultan Clinton Health Accses Initiative (CHAI) Robert Magnani, Phd mengatakan bahwa saat ini Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyarankan agar pemakaian obat ini digunakan oleh lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL). Sebab, obat tersebut diyakini dapat mencegah kelainan seks pada pada sesama jenis dibandingkan pekerja seks komersial (PSK).

"Penelitian WHO mengatakan bahwa obat PrEP ini dianjurkan oleh LSL dibandingkan oleh pekerja
seks dikarenakan penularan HIv rentan terjadi di hubungan LSL," ujar Robert dalam paparanya, di
Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Lebih lanjut Ia mengatakan PrEP telah diuji klinis di Amerika dan Thailand pada kelompok populasi yang termasuk LSL, laki-laki biseksual, heteroseksual dan wanita yang dapat menekan resiko penularan HIV sebesar 92 persen. Pil tersebut juga tidak mempunyai efek samping yang berat
saat dikonsumsi.

"PrEP dalam menekan infeksi baru HIV, artinya dengan minum pil PrEP secara konsisten setiap hari
maka dapat menekan resiko penularan HIV sebesar 92 persen," jelasnya.

Pencegahan HIV/AIDS dengan menggunakan obat PrEP ini telah dimasukkan dalam Strategi Rencana Aksi Nasional 2015 terkait program kompherensif pada Gaya, waria dan LSL.

"Tetapi informasi itu masih terbatas di Indonesia, sehingga diperlukan pengetahuan dan penyebaran informasi yang benar tentang PrEP," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4735 seconds (0.1#10.140)