Chef Lokal Hadapi MEA dengan Menu Lokal

Sabtu, 24 Januari 2015 - 14:50 WIB
Chef Lokal Hadapi MEA dengan Menu Lokal
Chef Lokal Hadapi MEA dengan Menu Lokal
A A A
Menguasai makanan khas Indonesia adalah kunci untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN () 2015. Jika para chef di Tanah Air mampu membuat makanan tradisional dengan sangat baik, maka tidak perlu ada yang ditakutkan dalam menghadapi invasi chef asing yang membawa kulinernya ke dalam negeri.

”Justru kekuatan kita adalah pada kuliner Nusantara. Selama kita menguasai makanan tradisional dan membuatnya menjadi hidangan yang enak, menurut saya, tidak ada yang perlu ditakutkan dengan kedatangan chef dari luar negeri atau banyaknya restoran asing nanti,” kata Chef Bara Roul Pattiradjawane, seperti dikutip Okezone.

Lebih lanjut Chef Bara menyebutkan, bukan lagi saatnya para chef lokal melulu berkiblat pada hidangan Eropa atau Western, hanya untuk menunjukkan profesionalitas mereka sebagai seorang chef. Ketika chef asing akan banyak datang dengan membawa menu hidangan tradisionalnya, maka chef di dalam negeri juga harus menunjukkan kemampuan dalam mengolah masakan “Kalau masakan tradisional sudah dikuasai dengan benar, maka saya yakin chef kita akan siap menghadapi MEA 2015.

Jadi, menurut saya, tidak ada yang perlu ditakutkan,” imbuhnya. Salah satu cara untuk menguasai pengolahan makanan tradisional, lanjut salah satu juri Junior MasterChef Indonesiaini, adalah dengan belajar langsung ke daerah-daerah yang makanan tradisionalnya menjadi ikon. Saat lembaga pendidikan chef di dalam negeri tidak mengajarkan tentang kuliner Nusantara, maka cara terbaik adalah dengan mempelajarinya sendiri alias autodidak.

Novi/Okezone
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6728 seconds (0.1#10.140)