Mata Kering Bisa Sebabkan Kerusakan Mata

Minggu, 25 Januari 2015 - 12:25 WIB
Mata Kering Bisa Sebabkan Kerusakan Mata
Mata Kering Bisa Sebabkan Kerusakan Mata
A A A
JAKARTA - Mata merupakan salah satu panca indera yang berfungsi sebagai indera penglihatan. Dalam keseharian mata berperan penting membantu berbagai aktivitas. Namun apa jadinya jika kedua bola mata Anda terasa kering mengganjal dan seperti tertusuk, kemerahan, gatal dan perasaan seperti berpasir?

Ya, kondisi mata kering dapat mengarah menjadi penyakit kronis bahkan masalah yang lebih serius. Pasalnya mata kering dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Kekeringan pada mata terjadi karena tidak adanya produksi air mata dalam jumlah yang cukup. Tanpa air mata, nemda asing seperti debu dan serbuk sari dapat menempel pada mata. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, peradangan dan pandangan kabur.

"Pertama gejalanya nggak nyaman, terus perih. Dari perih di mata itu suka menimbulkan rasa gatal. Reaksi alergi inflamansi. Iritasi," papar CEO SMEC Group, Imsyah Satari, MD saat ditemui di Jakarta.

Lebih lanjut Imsyah, menjelaskan kondisi mata kering kronis dapat meningkatkan resiko infeksi mata dan jaringan parut pada kornea.

"Makin kering maka akan terjadi radang pada korneanya. Bisa kena virus. Banyak sekali yang ditimbulkan dari mata kering. Tapi terjadinya lama. Kalau pola hidup kita nggak sehat, ya akan seumur hidup kita akan merasa mata kering," pungkas Imsyah.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2414 seconds (0.1#10.140)