Festival Seru Pada 2015

Jum'at, 30 Januari 2015 - 10:39 WIB
Festival Seru Pada 2015
Festival Seru Pada 2015
A A A
Belum ada agenda untuk traveling tahun ini? Coba saja lihat beberapa acara dan festival menarik dari seluruh dunia ini. Ada yang sudah populer, ada pula yang belum terkenal, tapi mengasyikkan.

Acara-acara ini beragam dan bisa dipilih oleh mereka yang punya selera berbeda-beda. Mulai dari acara bagi pencinta seni, budaya, kuliner, sampai yang berbau pesta-pesta. Nah, berikut ini beberapa festival atau acara yang bisa dipilih.

Tahun Baru China (Makau) 19-21 Februari

Tentu saja, Tahun Baru China bisa dirayakan di Jakarta atau di lokasi Chinatown mana pun di seluruh dunia. Namun, perayaan Tahun Baru di Makau jelas berbeda. Selain karena perayaan di Makau ini menjadi salah satu festival yang paling megah dan berwarna, juga karena di sini Anda bisa ikut mencicipi kuliner khas Portugis.

Selain itu, atraksi barongsai pun lebih menakjubkan dibanding di tempat lain. Tak ketinggalan kembang apinya yang megah. Akan ada banyak kerumunan orang untuk menyaksikan kemeriahan ini. Tak hanya itu, A-Ma Temple, salah satu kuil tertua di Makau, juga menjadi tempat yang layak dikunjungi saat perayaan tahun baru.

Dua Abad Pendaratan Napoleon (Golfe-Juan, Prancis) 28 Februari-1 Maret

Pada 1 Maret 1815, Napoleon sampai di Golfe-Juan, setelah kabur dari pengasingan di Elba, Tuscany, Italia. Golfe-Juan kini menjadi sebuah resor pinggir pantai di Cote dAzur. Dari tempat inilah, Napoleon memulai perjalanannya yang dikenal sebagai “Route Napoleon” yang membuatnya sampai ke rumahnya di Tuileries Palace di Paris. Sebuah reka ulang akan diadakan untuk merayakan peristiwa ini.

Namun jika Anda tak sempat melihatnya, Anda tetap bisa melakukan perjalanan menyusuri Route Napoleon dengan berkendara, naik sepeda, atau dengan berjalan kaki. “Rutenya melalui Grenoble hingga dia sampai ke Paris,” ujar Eric Dore, Managing Director Cote dAzur Tourist Board, seperti dikutip dari CNN. “Ini perjalanan sejarah yang unik dan mudah. Sepanjang jalan, kita akan menikmati pemandangan indah di pinggiran Kota Provence dan Riviera,” imbuhnya.

Songkran (Thailand) 13-15 April

Songkran adalah perayaan tahun baru Thailand dengan satu atraksi menarik, water fight atau perang melemparkan air. Saat perang ini, siapa pun boleh melemparkan sebaskom air atau menembak dengan pistol air kepada siapa pun yang ada di jalan raya. Anda bisa mengguyur orang yang sedang berjalan kaki atau naik tuk-tuk.

Perang ini berlangsung meriah hingga memacetkan jalan. Kadang-kadang malah bisa berlangsung brutal. Aslinya, Songkran dirayakan dengan mengunjungi kuil dan membasahi tangan pengunjung lainnya, juga tangan patung Buddha, sebagai simbol berkah untuk setahun ke depan.

Adapun saat berkembang menjadi water fight , digambarkan dengan menyambut bulan April sebagai bulan paling panas sepanjang tahun. Jika Anda ingin menyaksikan atau mengikuti water fight paling liar di Thailand, bisa datang ke Chiang Mau, Thailand Utara. Adapun Songkran sebenarnya juga diadakan di Myanmar, Kamboja, dan Laos.

Cheung Chau Bun Festival (Hong Kong) 22-26 Mei


Saat berkuasanya Dinasti Qing (1644-1911), sebuah wabah membunuh ribuan orang di Cheung Chan, sebuah pulau di selatan Hong Kong. Para penduduk pulau lalu membuat altar, melakukan ritual agama Tao, lalu membakar stupa-stupa untuk menghilangkan roh jahat yang dipercaya sebagai penyebab peristiwa nahas tersebut.

Peristiwa inilah yang kemudian dibuat sebagai Cheung Chau Bun Festival. Ada atraksi menarik saat festival ini, yaitu Bun Scrambling. Ini adalah kompetisi memanjat menara bambu yang dipenuhi oleh roti. Siapa yang berhasil mengumpulkan roti terbanyak, dialah yang akan mendapatkan banyak kebahagiaan dan kedamaian. Kompetisi ini sedikit banyak mirip dengan lomba panjat pinang di Indonesia saat perayaan 17 Agustus.

Gnaoua World Music Festival (Essaouira, Maroko) 14-17 Mei

Banyak turis berburu festival musik hingga ke Eropa. Padahal, festival musik di Afrika bisa jadi malah lebih mengasyikkan. Salah satu festival musik underrated di Afrika adalah Gnaoua World Music Festival. Festival ini memadukan antara musik jazz, pop, rock, hiphop, dan musik kontemporer. Festival ini sudah ada sejak akhir tahun 90-an, diisi oleh para musisi dari seluruh Afrika. Anda yang penasaran dengan acara ini, bisa mencari info lebih lanjut di situs Festival-gnaoua.net.

Cunard’s 175th Anniversary (Liverpool, Inggris) 24-26 Mei

Ingin melihat kapal bersejarah kebanggaan Inggris, yaitu Queen Mary 2, Queen Elizabeth, dan Queen Victoria? Jika ya, datanglah ke Liverpool dalam perayaan 175 Tahun Cunard Cruise Line. Namun, hanya para undangan yang bisa menjelajahi isi kapal.

Expo Milano 2015 (Milan, Italia) 1 Mei-31 Oktober

Milan akan menjadi tuan rumah dalam acara Universal Exposition yang mengambil tema “Feeding the Planet, Energy for Life”. Dalam acara ini, pengunjung bisa melihat akan seperti apa makanan diproduksi, didistribusikan, dan disajikan pada masa depan. Akan ada pula Arts and Foods Exhibition yang akan memamerkan berbagai kemasan makanan dan dapur yang penuh estetika.

50 Tahun Singapura (Singapura) 9 Agustus

Negara tetangga Indonesia ini akan merayakan ulang tahun kemerdekaannya yang ke- 50. Berbagai perayaan digelar sepanjang tahun, namun yang paling meriah adalah perayaan saat National Day, pada 9 Agustus. Layaknya berbagai acara di Singapura yang mewah dan megah, puncak acara 50 Tahun Singapura akan penuh dengan parade, kembang api, berbagai show , dan jalan baru dari Civic District menuju Marina Bay.

Hiroshima/Nagasaki Memorial (Jepang) 6-9 Agustus

Pada 2015 menjadi peringatan 70 tahun pengeboman Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Acara peringatan akan dilakukan di kedua kota tersebut, juga akan diadakan pertunjukan seni yang berlangsung sepanjang tahun.

World Indigenous Games (Porto Nacional, Brasil) 18-25 September

Sebelum Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, mungkin Anda ingin melihat kompetisi World Indigenous Games . Diikuti lebih dari 2.000 atlet dari lebih dari 30 negara, akan digelar pertandingan gulat, football, xikunahati (headball ), renang, kano, dan sebagainya.

Herita endriana
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7092 seconds (0.1#10.140)