Menu Khas Tahun Baru China

Jum'at, 30 Januari 2015 - 10:52 WIB
Menu Khas Tahun Baru China
Menu Khas Tahun Baru China
A A A
Hari Raya Imlek selalu dilengkapi dengan berbagai kuliner China yang istimewa. Namun, bukan sekadar suguhan dalam seremoni pergantian tahun semata, hidangan yang disajikan pada perayaan ini sarat dengan makna.

Dilansir dari Yumsugar , ada beberapa makanan yang menonjol. Salah satunya adalah jin ju atau jeruk emas dalam bahasa Indonesia. Meski rasanya asam, jeruk kecil-kecil ini dipercaya mendatangkan keberkahan. Jin ju dalam bahasa Mandarin terdengar seperti kata keberuntungan. Ada pula jiaozi , bentuknya macam dimsum ala Jepang, gyoza . Isinya daging dan dibuat menyerupai dompet koin seperti masa dinasti Ming.

Karenanya, jiaozi melambangkan uang dan kemakmuran. Ayam utuh juga turut disajikan saat Sin Cia . Ayam utuh melambangkan hal-hal baik yang akan terjadi pada tahun ini, termasuk keutuhan keluarga. Berikutnya ada mi, tradisi menganjurkan bahwa sebaiknya tidak memotong mi. Sebab, mi adalah simbol umur panjang. Makanlah mi menggunakan sumpit sehingga mi tidak putus.

Perayaan Imlek tidak akan lengkap tanpa kehadiran ikan utuh sebagai hidangan. Ikan sengaja disajikan lengkap dengan kepala dan buntutnya untuk menjaga permulaan, sekaligus akhir tahun yang baik. Ternyata kata ikan “yu” juga terdengar seperti keberkahan. Nian gao , yang biasa disebut dodol china atau kue keranjang, juga menjadi suguhan tahun baru. Orang China berharap dapat meningkatkan rezekinya dengan menyantapnya.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8153 seconds (0.1#10.140)