Kreatif Mengolah Ceker

Selasa, 03 Februari 2015 - 15:07 WIB
Kreatif Mengolah Ceker
Kreatif Mengolah Ceker
A A A
Meski tidak berdaging, ceker ayam memiliki banyak penggemar, baik di Indonesia maupun Asia. Bagian kaki ayam ini bisa diolah menjadi berbagai masakan. Mari ketahui lebih lanjut cara mengolah ceker yang tepat.

Ceker merupakan bagian dengan otot yang kenyal. Dagingnya memang tidak ada, tapi mengulum ceker dan menggigit tulangnya yang garing menjadi kenikmatan tersendiri bagi penyuka ceker. Terlebih, ceker memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Di antaranya kandungan zat kolagen, zat kapur, dan sejumlah mineral, dan protein kolagen. Bukan hanya baik untuk dewasa, ceker juga sangat bagus untuk dikenalkan kepada anak-anak sedini mungkin.

Biasanya, ceker dibuat sup untuk anak-anak atau diambil kaldunya. Ceker ayam yang dimasak akan mengeluarkan kaldu lebih pekat dan kental daripada kaldu dari bagian tulang lainnya. Itulah sebabnya, ceker ayam banyak digemari. Kelezatan masakan ceker banyak digemari penikmat olahan ayam.

Apalagi, ceker dapat diolah menjadi berbagai masakan. Baik dimasak dengan bumbu tradisional maupun ala masakan Chinese . Ceker ayam bisa dimasak dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, direbus, dan disajikan bersama kuah kaldu yang lezat, sampai disajikan dalam bentuk dimsum.

Nah, belakangan ini ceker setan tengah naik daun. Masakan yang awalnya populer di Malang dan kini merambah Jakarta tersebut, cocok bagi yang fanatik rasa pedas. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar ceker ayam yang dikombinasikan dengan bumbu pedas gurih manis. Bahan dan bumbunya mudah didapatkan sehingga tidak perlu waktu lama untuk menyajikan hidangan ini. Anda pun bisa mencoba membuatnya di rumah.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9373 seconds (0.1#10.140)