Memilih dan Mengolah Ceker Ayam

Selasa, 03 Februari 2015 - 15:07 WIB
Memilih dan Mengolah...
Memilih dan Mengolah Ceker Ayam
A A A
KONDISI BAGUS

Yang masih berkulit atau yang sudah dikupas kulitnya sama saja. Yang penting saat dibeli, ceker ayam masih dalam kondisi bagus. Bila dipegang, ceker tidak lengket atau mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Ceker ayam yang keadaannya sudah seperti ini sebaiknya tidak dipilih. Pilihlah ceker ayam negeri yang tidak keras dan memiliki cukup banyak bagian yang bisa dimakan.

BUANG KUKUNYA

Belilah ceker ayam dengan bagian kuku yang sudah dipotong, karena bagian kuku ayam yang tajam bisa melukai Anda saat menikmati ceker ayam. Anda juga bisa meminta penjual untuk membuang bagian kukunya.

MENGULITI CEKER AYAM

Siram ceker ayam dengan air panas mendidih. Diamkan selama 10-15 detik lalu segera angkat. Dengan bantuan pisau yang tajam, coba kupas kulit luarnya. Kulit luarnya akan terkelupas dengan mudah. Jangan merendam ceker terlalu lama dalam air panas. Ceker akan matang hingga tidak bisa dikupas.

DIOLAH MENTAH ATAU MATANG

Memasak ceker ayam memang membutuhkan waktu yang agak lama. Sebab, kita harus memasaknya sampai benar-benar lunak dan kulit serta ototnya terlepas dari tulang. Untuk menyingkat waktu, ceker ayam bisa kita rebus terlebih dahulu. Dengan begitu, ceker ayam menjadi empuk dan lembut. Jangan lupa memarkan ceker sebelum dimasak agar bumbu lezat dari masakan Anda meresap ke dalam ceker.

Novi/berbagai sumber
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0610 seconds (0.1#10.140)