Menjelajahi Bukit Kaba di Bengkulu

Jum'at, 06 Februari 2015 - 07:57 WIB
Menjelajahi Bukit Kaba di Bengkulu
Menjelajahi Bukit Kaba di Bengkulu
A A A
BENGKULU - Provinsi Bengkulu hanya memiliki dua gunung yaitu, Bukit Daun dan Bukit Kaba. Keduanya terletak di Kabupaten Rejang Lebong yang menghijau ditanami sayur dan buah-buahan segar. Dari kedua gunung tersebut adalah Bukit Kaba yang lebih populer, karena terkenal ramah untuk pendaki pemula.

Dikutip dari Indonesia Travel, ketinggian puncak Bukit Kaba sekira 1.952 m dari permukaan laut, namun terdapat kawah besar di ketinggian sekira 1.700 m dari permukaan laut yang menyuguhkan pemandangan menarik. Rutenya pun sudah terarah meliputi dua jalur, yakni jalur tanah yang biasa digunakan untuk trekking dan jalur aspal yang bisa dilewati oleh ojek.

Menjelajahi Bukit Kaba berarti mengakrabkan diri dengan alam, petualangan Anda semakin menarik saat satwa-satwa liar masih bisa ditemukan.

Jangan ragu untuk mendaki ke Bukit Kaba, walaupun Anda belum mengetahui banyak tentang informasinya. Ada Pokdarwis yang beranggotakan pria-pria Desa Sumber Urip, mereka siap membantu pendaki mengelola transportasi hingga konsumsi.

Jika sudah menyentuh puncak, Anda akan melihat jajaran Bukit Barisan yang luar biasa indah. Selain itu, cahaya jingga dari Matahari terbenam merupakan obyek foto yang tak boleh Anda lewatkan. Dirikanlah tenda di area kubah Bukit Kaba dan jajaki puncak pada malam hari, gemerlap lampu-lampu dari Kota Curup akan suguhkan panorama yang tak terlupakan.

Sebelum mendaki, terlebih dahulu ada retribusi Rp 2.500 per orang yang harus dibayar di pos Pokdarwis. Di sini pula Anda bisa menyewa ojek seharga Rp80.000 untuk naik turun bukit, anggota Pokdarwis juga membuka katering makanan bungkus bagi Anda yang ingin berkemah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4369 seconds (0.1#10.140)