Hujan Seni di Hong Kong

Jum'at, 13 Februari 2015 - 10:32 WIB
Hujan Seni di Hong Kong
Hujan Seni di Hong Kong
A A A
Pada Maret mendatang, Hong Kong akan menggelar tiga pameran seni sekaligus. Dua adalah pameran yang sudah punya nama prestisius, satu lagi adalah pameran baru yang akan memamerkan karya seniman kawakan dan seniman muda berbakat.

Tiga pameran seni tersebut, yaitu Hong Kong Arts Festival (HKAF) dan Art Basel Hong Kong yang adalah dua pameran kesenian terbesar di kota ini. Adapun yang terbaru, yaitu Art Central. Seniman, agen, kurator, dan para pencinta seni akan dimanjakan dengan berbagai karya serta dapat mengetahui langsung tren terkini di dunia seni.

Pembukaan acara Art Central akan dilakukan di sebuah paviliun yang dibangun khusus di tepi Pulau Hong Kong, dekat dengan Star Ferry dan atraksi Observation Wheel yang baru saja dibuka. Pameran ini akan menampilkan lebih dari 70 galeri dari seluruh wilayah dan akan menghadirkan karya kontemporer mulai dari seniman profesional hingga para generasi muda berbakat.

Art Central juga akan membuat bagian khusus berjudul Rise untuk merayakan hasil karya solo maupun dual seniman sekaligus selama lima tahun terakhir “Kami sangat gembira untuk meluncurkan Next Big Thing dalam kalender seni Hong Kong,” kata Managing Director Art Central, Charles Ross.

“Art Basel setiap tahunnya selalu menarik ribuan pengunjung, diperkuat dengan adanya Art Central menempatkan posisi Hong Kong sebagai salah satu kota tujuan seni global,” imbuhnya. Direktur Fair Co Maree Di Pasquale menambahkan, “Art Central mengajak masyarakat mencintai seni dan terlibat dengan karya-karya berkualitas museum. Kami akan memamerkan para seniman muda berbakat dari berbagai galeri kontemporer dari seluruh dunia di pusat kota Hong Kong.”

Art Central akan berlangsung pada 14- 16 Maret, bersamaan dengan Art Basel , yang dimulai pertama kali di Swiss pada 1970. Acara ini kemudian diperluas hingga Miami dan sukses diluncurkan di Hong Kong pada 2013. Sebagai salah satu acara seni terbaik di seluruh dunia, pameran ini akan memajang karya-karya istimewa dari para seniman berkelas, seperti Air de Paris dari Prancis, Buchmann Galerie dari Jerman, Switzerlands Galerie Gmurzynska, dan Gagosian Gallery, yang memiliki cabang di Amerika Serikat dan Eropa serta Hong Kong.

Hong Kong Arts Festival akan berlangsung selama sebulan dan dimulai pada Jumat (27/2). Program tahun ini akan sangat bervariasi dengan menawarkan lebih dari 130 pertunjukan yang menampilkan musik, teater, dan tari. Festival ini yang melibatkan namanama besar, termasuk Zhejiang Xiaobaihua Yue Opera Troupe dari Cina, Bolshoi Ballet Rusia, penari flamenco dari Spanyol,

Los Angeles Philharmonic Orchestra, dan Gate Theatre Irlandia dengan adaptasi mereka Janes Austen Pride and Prejudice. Ada kesempatan bagi penduduk setempat untuk bersinar juga, dengan extravaganza musik, seperti Hong Kong Story Concert. “Pertunjukan besar memiliki pengaruh luar biasa yang manusiawi,” kata Tisa Ho, Direktur Eksekutif HKAF dan salah satu pendukung seni paling bersemangat di Hong Kong.

Herita endriana
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6275 seconds (0.1#10.140)