Seni Perhiasan Enamel

Selasa, 17 Februari 2015 - 15:40 WIB
Seni Perhiasan Enamel
Seni Perhiasan Enamel
A A A
Beberapa perhiasan terpilih menggunakan jenis teknik kerajinan enamel untuk membuat beberapa perhiasan yang paling memukau. Keindahan dan seni dari teknik enamel dalam pembuatan perhiasan ini hadir di berbagai desain.

Enamel memungkinkan perhiasan secara harfiah dapat dicat seperti permata, menggunakan permukaan emas sebagai kanvas untuk miniatur karya seni. Jadi, tidak mengherankan perhiasan yang paling artistik menggunakan berbagai teknik enamel untuk menambahkan sentuhan pribadi desainnya.

Di tangan-tangan terampil, material seperti kaca dapat menjadi titik awal untuk beberapa perhiasan yang paling menarik. Mereka yang paling mahir menggunakan bermacam-macam material saat seorang seniman dapat menciptakan palet warna untuk memperluas ide berekspresinya.

“Pembuat jam tangan memiliki keuntungan ketika menggunakan teknik enamel di balik kaca arlojinya. Terlebih lagi, permukaan datar hampir selalu lebih mudah untuk dikerjakan daripada bagian yang melengkung. Menerapkan cat dengan beberapa pekerjaan terbaik melalui mikroskop binokuler,” tulis Maria Doulton dari Telegraph Luxulury.

Pembuat perhiasan dengan teknik enamel berbasis di Jenewa, rumah perhiasan DELANEAU adalah salah satu yang membuat miniatur lukisan untuk arloji dengan cara dicat ulang dalam oven untuk mencapai hasil akhir yang mengkilap.

Sementara sebagai desainer tamu di pengecer perhiasan Annoushka, perhiasan dari desainer asal Rusia, Ilgiz F, telah mengembangkan teknik enamel yang memungkinkannya untuk membuat hasil yang kaya warna yang dikombinasikan dengan detail halus.

Perhiasannya dicat dengan kolaborasi bersama seorang pelukis ulung dan ahli perhiasan. “Ilgiz F menggabungkan repertoar teknik yang sulit dengan mata seorang seniman untuk membuat perhiasan yang tak terlupakan,” kata Doulton. Karya Ilgiz adalah kombinasi kesempurnaan dari sesuatu yang rumit dengan sensitivitas seorang seniman.

Dia tampaknya telah menguasai semua teknik perhiasan yang pernah ada, lalu kemudian membuatnya ke dalam desain yang lebih menarik lagi. Terlebih untuk teknik enamel, dia membuat definisi warna yang tajam dan dalam. Perhiasan Valencia, desain dari Vicente Gracia, menerapkan enamel untuk menambahkan detail halus dan warna kreasi lebih eksotis. Saat ini perhiasannya dijual di toko online kelas atas Moda Operandi.

Salah satunya adalah Gracia River, berupa gelang yang menggabungkan opal dengan mutiara, berlian, dan enamel untuk efek memesona. Sentuhan artistiknya muncul dalam bentuk daun dari pohon-pohon palem dan burung berwarna cerah yang dibuat hidup dengan cat enamel bentuk mereka tercermin dalam sungai di bagian berlian. Fred Rich, yang berbasis di East Sussex, telah lama memuaskan kolektor dengan kreasi enamel indahnya.

Bunga mekar halus di telur enamel dan warna-warni cemerlang biru katak panahnya tampak siap untuk menerkam dari daun hijau yang subur. Tiffany & Co terus hidup lewat desainer perhiasannya yang jenius, Jean Schlumberger, yang jatuh cinta dengan enamel. Di sini, enamel diterapkan dalam warna solid dilukis dalam bentuk gelang Croisillon, tampak berkedip karena warna indahnya dikombinasikan dengan batu permata.

Schlumberger begitu menyukai teknik kuno enamel ini karena artistik dan warnanya memanjakan mata. Enameling adalah teknik pembuatan perhiasan dengan komposisi tertentu yang menyatu dengan material logam di sekitarnya. Meskipun asal tepat tidak diketahui, seni enamel telah dipraktikkan sejak zaman kuno. Seni dari teknik ini adalah warna-warna yang tampil cerah dan penggunaan kaca yang menciptakan warna seperti batu permata yang pada zaman kuno belum ada.

Dyah ayu pamela
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7628 seconds (0.1#10.140)
pixels