10 Kota Ini Gelar Imlek Secara Meriah

Kamis, 19 Februari 2015 - 15:33 WIB
10 Kota Ini Gelar Imlek...
10 Kota Ini Gelar Imlek Secara Meriah
A A A
JAKARTA - Perayaan Lunar New Year atau biasa dikenal dengan Tahun Baru Cina alias Imlek yang merupakan tradisi adat Tionghoa yang setiap tahun dilakukan masyarakat Cina. Perayaan besar-besaran tidak hanya terjadi di seluruh penjuru Cina.

Di sejumlah kota di berbagai pun, Imlek senantiasa dirayakan secara meriah. Mengutip XINMSN, berikut 10 kota yang melakukan perayaan Tahun Baru Cina secara meriah:

1. Beijing

Imlek Beijing
Warga berdoa meminta keberkahan pada hari pertama Imlek di Kuil Yonghegong Lama di Beijing, Kamis (19/2/2015). (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Ibu kota China ini, memang selalu melakukan perayaan Lunar New Year terbesar dan termewah. Kota ini menjadi tuan rumah serangkaian Temple Fairs, masing-masing dengan tradisi dan karakteristik yang berbeda. Festival ini berlangsung sepanjang tahun, tapi mencapai tingkat baru intensitas selama tahun baru. Selain itu, pengunjung juga dapat menghadiri Longqing Gorge Es dan Salju Festival atau Longtan Adil menampilkan 300 orang parade dan atraksi menarik.

2. London
London dikenal sebagai kota yang menggelar perayaan Imlek terbesar di luar Cina. Parade yang dilakukan di London dari pagi diikuti oleh festival yang berpusat di Trafalgar Square. Festival ini menampilakan penari, akrobat, seniman bela diri, musisi, dan sejumlah artis dari Cina untuk menghibur setengah juta penonton. Selain itu lebih dari 100 restoran di London mempunyai menu khusus dan unik untuk menghormati Imlek. Sejumlah restoran juga menyajikan pertunjuk khas masayarakat China yang mencakup lebih dari enam jam pertunjukan. Pada peringatan ini, di seluruh kota London akan ditemukan berbagai warung yang mneyediakan makanan dan kerajinan khas Cina.

3. New York City
Walaupun ada banyak perayaan yang terjadi di seluruh kota di Amerika Serikat (AS), namun New York memliki perayaan Imlek yang berbeda di kota-kota Negeri Paman Sam. Di Big Apple, ada sejumlah tempat yang bagus untuk menikmati makanan Cina serta tontonan besar Parade & Festival Lunar New Year. Pecinan yang berada di New York City menarik lebih dari setengah juta orang yang ingin menonton pertunjukkan khusus Imlek.

4. San Fransisco
San Francisco mempunyai Perayaan Tahun Baru Cina legendaris. Di kota ini, ada lebih dari 5.000 orang yang berpartisipasi dalam parade Golden Dragon. Parade ini juga menarik lebih dari satu juta orang. Ini menjadikannya sebagai parade terbesar di luar Asia. Golden Dragon sendiri, menjadi favorit di kalangan masyarakat. Tahun ini parade akan diselenggarakan pada 7 Maret.

5. Hong Kong

Imlek Hong Kong
Warga yang mengenakan topi berbentuk domba memberikan persembahan pertama di kuil Wong Tai Sin dalam perayaan Imlek di Hong Kong, Rabu (18/2/2015). (Reuters/Liau Chung-ren)

Hong Kong dinobatkan sebagai salah satu tempat perayaan Tahun Baru Cina terbaik di dunia. Selama tiga hari, warga kota akan menikmati tontonan kembang api, parade, dan pacuan kuda. Perayaan dimulai dengan parade di malam hari di Tsim Sha Tsui yang menampilkan penari, akrobat, marching band. Hari kedua perayaan termasuk tontonan kembang api yang memukau di atas Victoria Harbor yang biasanya berlangsung selama lebih dari 20 menit. Sedangkan malam puncak dari perayaan ini adalah pacuan kuda di Tin Racecourse Sha yang menarik 100.000 orang penonton. Sepanjang perayaan Imlek, di seluruh penjuru Hong Kong akan digelar festival bunga dan pasar.

6. Vancouver
Memiliki salah satu perkampungan Cina terbesar di Amerika Utara, Vancouver adalah tuan rumah cukup besar perayaan Tahun Baru Cina. Parade tahunan yang dilakukan kota Vancouver menarik lebih dari 50.000 orang dengan parade yang diikuti 3.000 peserta. Perayaan akan mencakup pameran, pertunjukan, dan banyak pangsit Cina.

7. Helsinki
Kerja sama Beijing dan Helsinki membuat adat Cina berkembang di Helsinki. Perayaan Tahun Baru Cina terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir di Helsinki. Suasana meriah dari aksi seniman Helsinki dan Beijing dengan layar video raksasa membuat perayaan China makin berkesan di ibu kota Finlandia itu.

8. Sydney
Perayaan Imlek tahun ini menampilkan sejumlah atraksi baru. Untuk pertama kalinya, prajurit Terracotta menjadi bagian dari Festival Tahun Baru China di Sydney. Lunar Streets juga merupakan tambahan baru dalam perayaan Imlek kali ini di jalanan Chinatown, Thaitown, dan Koreatown. Di tempat itu, banyak berbagai jenis makanan yang ditawarkan di bawah siar lentera di seluruh kota. Standar Tahun Baru seperti besar Twilight Parade, Lomba Perahu Naga, dan Lunar Pesta penawaran restoran menambah suasana imlek makin meriah.

9. Singapura

Imlek Singapura
Seorang pria yang membawa mainan boneka domba menanti giliran menancapkan dupa di perayaan Imlek di kuil Kwan Im Thong Hood Cho, Singapura, Rabu malam (18/2/2015). (Reuters/Edgar Su)

Singapura telah menyelenggarakan karnaval, bazaar jalanan, dan bahkan singa Kompetisi Dance Internasional sebelum Tahun Baru Imlek berlangsung penuh. Singapura juga tetap menggelar River Hong Bao Carnival dalam memeriahkan perayaan Imlek tahun ini. Karnaval ini menyajikan makanan lezat dengan harga murah. Imlek tahun ini juga dimeriahkan dengan Festival Huayi.

10. Paris
Kampung Cina di Paris akan menyelenggarakan perayaan Imlek pada tanggal 22 Februari. Distrik Marais dan Belleville menjadi tuan rumah perayaan tahun baru Cina di Paris. Festival Naga dan penampilan penari-penari khas Cina akan memeriahkan perayaan Imlek tahun ini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0794 seconds (0.1#10.140)