Tata Meja untuk Jamuan Imlek

Jum'at, 20 Februari 2015 - 09:37 WIB
Tata Meja untuk Jamuan Imlek
Tata Meja untuk Jamuan Imlek
A A A
MERAYAKAN tahun baru China tak lengkap rasanya tanpa acara bersantap. Untuk menyemarakkan meja makan, Anda dapat memilih perangkat makan eksklusif dengan tambahan ornamen yang semakin mengentalkan nuansa Imlek.

Restoran HYDE yang berlokasi di Jalan Taman Kemang menyulap sebuah sudut ruangannya menjadi lebih semarak. Meja prasmanan ditata apik sedemikian rupa. Kebetulan pada kesempatan itu perangkat makan yang digunakan menggunakan produk keluaran dari Y&D Setyohadi Stylish Painting Dinnerware edisi Roses yang amat elegan.

Dengan motif oranye dan keemasan, dinnerware versi bunga mawar itu menyatu harmonis dalam tema Imlek yang dominan mengambil warna merah. “Kami sengaja menghadirkan table setting seperti ini untuk acuan bagi mereka yang menjamu tamu pada hari Imlek,” sebut Yulie Setyohadi, pemilik label eksklusif tersebut.

Dilanjutkannya, seri Roses itu terbilang multifungsi atau bisa masuk untuk tema acara yang beragam. Banyaknya warna yang terdapat di perangkat makan berkelas ini, seperti oranye dan ungu, justru menjadikannya fleksibel untuk disajikan dalam berbagai keperluan. “Bisa juga untuk Lebaran yang bisa diambil dari warna emasnya dan cocok juga untuk Natal, soalnya dia multicolor ,” ujar pemilik Yulindra Gallery ini.

Dikatakan istri dari duta besar Paraguay untuk Indonesia, Caesar Esteban Grillon, permintaan tableware besutan Y&D Setyohadi cukup banyak meski harganya cukup mahal. Untuk tea set dengan isi enam buah dibanderol seharga Rp2 juta. Nah, tidak hanya sebagai wadah tempat saji makanan, Yulie juga mendesain meja menjadi lebih meriah.

Table setting yang diangkat, tentunya berkiblat pada perayaan Imlek dengan warna merah lebih dominan. Karena itu, ibu tiga anak ini mengambil beberapa lampion kertas berwarna merah sebagai variasi dan menebar angpao merah di sekitar meja makan. Tak lupa beberapa tangkai bunga yang diletakkan dalam vas. Peran ornamen sebagai penunjang dekorasi meja makan ini sangatlah penting.

Mengingat dewasa ini, bukan hanya perut yang dimanjakan, juga indera penglihatan. Perangkat makan juga harus cantik dan didukung dengan ornamen dekorasi yang sesuai tema. “Misalnya untuk hari raya Idul Fitri, kami bisa memakai ketupat dari kertas warna-warni sebagai hiasan di meja makan,” tutur mantan None Jakarta Pusat tahun 1987 ini.

Pada kesempatan itu, juga ditampilkan aneka cake dari The Cake Atelier yang merupakan kreasi dari tangan dingin Yudhi Harijoni. Dia membuat cup cakes dengan bermacam topping . Ada topping jeruk mandarin, pasangan pengantin berpakaian adat China, dan topping cokelat.

Ada pula whole cake yang ditaburi dengan manik-manik berwarna emas dan silver yang dapat dimakan. “Untuk cup cake, ada yang dipulas menggunakan emas 24 karat, tapi sudah FDA approve ,” kata Yudhi.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cake dan cup cake itu, sebagian besar impor. Karenanya, harga yang dikenakan untuk sebuah cup cake pun tak bisa dibilang murah, yakni seharga Rp200.000. Uniknya, Yudhi juga membuat cup cake menggunakan perasa bunga sakura sebagai ekstrak untuk racikan cokelatnya.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7542 seconds (0.1#10.140)