Berburu Barang Antik di Chor Bazaar

Jum'at, 20 Februari 2015 - 11:39 WIB
Berburu Barang Antik di Chor Bazaar
Berburu Barang Antik di Chor Bazaar
A A A
Anda yang gemar berburu dan mengoleksi barang-barang antik mesti berkunjung ke Chor Bazaar di Mumbai, India. Di sini, Anda bisa mendapatkan sejumlah barang yang mempunyai nilai historis tinggi pada masa lalu yang banyak dicari turis dari seluruh dunia.

Di Mumbai, kota yang populer dengan industri perfilman Bollywood, memang tak sedikit penduduk yang hobi berburu dan mengoleksi barang-barang antik. Bahkan beberapa di antaranya tokoh-tokoh penting India. Biasanya mereka mendapatkan barang-barang antik tersebut dari luar negeri maupun di dalam kota. Bahkan mereka rela menghabiskan jutaan rupiah demi sebuah hobi yang menjadi minat mereka.

Berbicara tentang pasar barang-barang antik, Chor Bazaar adalah surganya. Pasar ini merupakan pasar barang-barang antik terpopuler di Mumbai, juga di seluruh daerah di India. Pasar yang terletak di wilayah selatan Kota Mumbai ini memang terkenal akan barang-barang antik berkualitas yang diperdagangkan dengan harga yang terjangkau.

Barang-barang antik tersebut sebagian besar merupakan barang khas kebudayaan India yang dijual secara khusus karena keberadaannya yang sangat sulit dijumpai. Apabila ditinjau dari sisi usianya, Chor Bazaar termasuk salah satu pasar tertua di Kota Mumbai yang telah ada sejak masa kependudukan dan pemerintahan kolonial Inggris di India.

Bahkan, beberapa pedagang yang terdapat di Chor Bazaar sebagian besar merupakan pedagang pewaris dari generasi-generasi sebelumnya. Chor Bazaar mempunyai sisi historis yang menjadi nilai tambah tersendiri di mata para wisatawan. Menurut sejarahnya, Chor Bazaar merupakan sebuah pasar yang namanya diambil dari kisah Ratu Victoria ketika kolonial Inggris berkuasa di Kota Mumbai maupun di wilayah Maharashtra pada abad ke-19.

Kisah tentang Chor Bazaar berawal dari Ratu Victoria yang mengadakan perjalanan ke Kota Mumbai melalui jalur laut. Ketika tiba di pelabuhan wilayah selatan Mumbai, para awak kapal membantu Ratu Victoria menurunkan barang-barangnya ke daratan. Ketika itu pula Ratu Victoria mendapati barang-barangnya telah hilang, termasuk sebuah biola antik yang menjadi kesayangannya.

Hingga beberapa hari kemudian, barang-barang milik Ratu Victoria, termasuk sebuah biola antik, dijumpai di salah satu pedagang barang-barang antik di pasar tersebut. Pada saat itulah pasar tersebut mulai dinamakan Chor Bazaar, yang dalam beberapa bahasa asing diartikan sebagai pencuri.

Ada banyak barang antik yang bisa ditemukan di Chor Bazaar. Misalnya barang antik yang mengandung nilainilai budaya. Untuk berkunjung ke Chor Bazaar, ada baiknya Anda menggunakan bus umum yang menuju ke wilayah Mumbai Selatan dengan rute yang melintasi kawasan Chor Bazaar.

Rendra hanggara
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4634 seconds (0.1#10.140)