Tempat Wisata Favorit di Mumbai

Jum'at, 20 Februari 2015 - 11:40 WIB
Tempat Wisata Favorit di Mumbai
Tempat Wisata Favorit di Mumbai
A A A
1. Gateway of India.
Belum lengkap mengunjungi Mumbai tanpa mendatangi gerbang megah yang dibangun untuk mengenang kunjungan Raja George V dan Ratu Mary pada 1911. Kemegahannya saat itu hanya bisa dilihat berupa miniatur konstruksi dari bahan kardus. Namun, Anda kini dapat melihat aslinya dan pemandangan pelabuhan di belakangnya.

2. Chhatrapati Shivaji Maharaj Vastu Sangrahalaya.
Berjalan sambil menelusuri koleksi 50.000 artefak yang menakjubkan di museum besar ini merupakan pengalaman penuh keajaiban. Pameran tersebut menghidupkan kembali abad silam yang meliputi seni, arkeologi, dan sejarah alam. Bangunannya bergaya Indo-Saracenic dan taman di sekelilingnya juga layak dikunjungi.

3. Flora Fountain.
Bangunan ini merupakan sebuah tugu yang di bagian tengahnya terdapat air mancur yang berbentuk sangat unik. Tugu yang eksotis ini didirikan pada 1864 atas prakarsa dari beberapa penduduk India dengan tujuan memberikan penghormatan kepada Sir Bartle Frere, seorang tokoh yang menjabat sebagai gubernur di Kota Mumbai pada 1864 serta memberikan penataan kembali keindahan kawasan Fort, Mumbai.

4. Babulnath Temple.
Candi ini dibangun pada pertengahan abad ke- 18, tepatnya pada 1780. Pada masa itu, kebudayaan agama Hindu mengalami perkembangan yang cukup pesat di India. Bahkan sebagian besar mendominasi di seluruh lapisan masyarakat di India yang telah memeluk agama Hindu. Babulnath Temple yang terdapat di wilayah Mumbai Selatan, tepatnya di kawasan Malabar Hill, dibangun dengan tujuan memberikan penghormatan kepada Dewa Siwa, salah satu dewa agama Hindu.

5. Chhatrapati Shivaji Terminus.
Ini adalah bangunan berarsitektur unik yang dibangun pada pertengahan abad ke-19 di pusat Kota Mumbai, tepatnya pada 1888. Proyek pembangunan stasiun ini diprakarsai oleh pihak kolonial yang kala itu masih berkuasa di India, dengan tujuan menjadi stasiun utama di Mumbai. Pembangunan Chhatrapati Shivaji Terminus ini dirancang oleh seorang arsitek berkebangsaan Inggris bernama Frederick William Stevens, yang pada mulanya ide arsitektur bangunan ini dirancang oleh beberapa orang siswa sekolah kesenian di Bombay.

6. Elephanta Cave.
Menurut para arkeolog, Gua Elephanta merupakan salah satu gua yang di dalamnya bercerita tentang peradaban kebudayaan agama Hindu yang merupakan salah satu agama tertua di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa situs sejarah yang menghiasi Gua Elephanta, seperti beberapa bangunan candi yang usianya diperkirakan sudah lebih dari 12 abad. Bahkan, beberapa arkeolog juga ada yang berpendapat bahwa candi-candi tersebut dibangun pada masa sebelum Masehi. Candi-candi tersebut dulu digunakan sebagai sarana kegiatan umat Hindu yang merupakan agama terbesar di India.

Rendra hanggara
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3629 seconds (0.1#10.140)