Olahan Lezat dari Kentang

Senin, 23 Februari 2015 - 09:20 WIB
Olahan Lezat dari Kentang
Olahan Lezat dari Kentang
A A A
KENTANG mengandung vitamin, mineral, karotenoid, dan polifenol. Kentang juga tinggi karbohidrat, maka tak ada salahnya sesekali mengganti menu karbohidrat Anda dengan kentang.

Simak ulasan berikut sebagai ide varian kentang yang bisa Anda buat. Tak ada ruginya sekali waktu mengganti menu karbohidrat yang paling umum, yakni nasi, dengan olahan kentang. Jangan dulu menggeleng tidak suka, kentang rupanya juga dapat diolah menjadi berbagai variasi hidangan. Kentang tumbuk (mashed potato) misalnya, umumnya disajikan sebagai side dishsaat menyantap steak.

Untuk membuat kentang tumbuk sangat mudah. Pertama, masak air hingga mendidih lalu masukkan dua buah kentang yang telah dipotong dadu kecil. Jangan lupa untuk memberi garam sekitar 1–11/2sendok teh. Kemudian masaklah kentang hingga matang dan tiriskan. Sudah matang, hancurkan kentang.

Sementara itu, di panci terpisah, rebus susu, krim, dan mentega, lalu tambahkan biji pala untuk menambah aroma dan rasa. Masukkan kentang yang telah dihancurkan, sambil terus diaduk.Anda bisa menambahkan irisan daun peterseli dan garam. Penambahan garam di akhir hanya untuk menyesuaikan rasa dari kentang tumbuk jika Anda belum mendapatkan rasa gurih yang pas saat kentang direbus tadi.

Ide lain, cobalah membuat kentang panggang. Sajian ini terbilang sangat praktis. Anda tak perlu repot-repot mengupas kentang, cukup dengan mengiris bagian tengah kentang. Untuk cita rasa yang nikmat, Anda dapat menambahkan isian pada tengah kentang sesuai dengan selera, seperti daging, ayam, sayur, atau keju. Selanjutnya, bungkus kentang dengan aluminium foil dan panggang hingga matang.

Nikmatilah selagi masih hangat, bisa tambahkan saus sambal atau saus lain sesuai selera. Berikutnya, potato gratin atau kentang panggang yang disajikan dalam kaserol. Cara membuatnya juga tak sulit, rebus setengah matang kentang lalu iris tipis-tipis. Tata kentang yang telah diiris tipis tersebut dengan membentuk lapisan campuran susu, daging dan keju.

Untuk bagian atasnya agar terlihat cantik dan menggiurkan, tambahkan kocokan kuning telur dan taburan keju parut. Panggang beberapa saat dan potato gratin pun siap disantap keluarga. Dari Swiss, Anda bisa mencoba resep rostiatau roschti. Ini adalah hidangan yang populer di negara tersebut. Disebut roschti dalam bahasa Swiss, berarti hidangan yang menggunakan kentang.

Mulanya penganan ini disajikan sebagai sarapan oleh para petani yang bermukim di Bern. Namun, kini rosti dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh bagian Swiss. Termasuk di berbagai restoran negara Barat. Rostidibuat dari kentang baik yang sudah dimasak atau masih mentah, bergantung teknik menggorengnya.

Biasanya ditambahkan mentega serta garam dan lada sebagai penambah rasa. Bisa juga menggunakan minyak goreng. Kentang yang telah dikupas dan dipotong tipis, dibentuk memanjang baru kemudian digoreng. Kentang juga dapat dibentuk bulat. Selanjutnya, kentang dimasukkan ke dalam campuran susu dan mentega yang telah dicairkan.

Garam dan lada saat pencampuran akan menambahkan cita rasa. Usai direndam, kentang tersebut kemudian digoreng dalam minyak panas.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8247 seconds (0.1#10.140)