Birdman Raih Penghargaan Film Terbaik Oscar

Senin, 23 Februari 2015 - 13:42 WIB
Birdman Raih Penghargaan Film Terbaik Oscar
Birdman Raih Penghargaan Film Terbaik Oscar
A A A
LOS ANGELES - Film komedi Birdman berhasil menyabet penghargaan tertinggi sebagai film terbaik di ajang Academy Awards yang digelar di Hollywood, California, Minggu (22/2/2015) waktu setempat. Film ini adalah cerminan perjuangan para aktor mempertahankan eksitensi.

Total, Birdman membawa pulang empat Oscar, termasuk untuk kategori sutradara terbaik (Alejandro G Inarritu). Dalam pidatonya, Inarritu berterima kasih kepada para penonton yang telah sudi menyaksikan film “gilanya” itu. “Saya sangat sangat berterima kasih, sangat terhormat dengan penghargaan yang diberikan Academy ini. Ini gila,” ujar Inarritu, seperti dikutip Reuters.

Sementara, Eddie Redmayne memenangkan Oscar untuk kategori aktor terbaik atas aktingnya sebagai Stephen Hawking di The Theory of Everything. Aktor asal Inggris ini berhasil menyingkirkan saingan terberatnya, Michael Keaton yang membintangi Birdman.

Masing-masing nominator film terbaik—total ada 8—membawa pulang setidaknya satu penghargaan. Tapi, kekecewaan mungkin dirasakan Boyhood yang disutradarai Richard Linklater. Film yang mengisahkan pertumbuhan seorang bocah laki-laki selama 12 tahun ini, yang kesemuanya dibintangi aktor yang sama, hanya memenangkan satu Oscar untuk kategori pembantu wanita terbaik (Patricia Arquette) dari enam nominasi yang didapatkannya.

Dalam Academy Awards itu, keberuntungan menghampiri The Grand Budapest Hotel. Film yang disutradarai Wes Anderson itu terbukti populer bagi 6.100 anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences yang memberikan suara untuk pemenang Oscar. Film ini memenangkan empat dari sembilan nominasi yang didapatkannya. Sementara, Whiplash—film independen tentang seorang drummer jazz dan mentornya—memenangkan tiga Oscar.

Film Big Hero 6 memenangkan kategori film animasi terbaik. Sedangkan John Legend meraih Oscar untuk kategori soundtrack terbaik lewat lagu Glory (Selma). “Selma ada sekarang, karena perjuangan untuk keadilan adalah sekarang,” ujar John.

Dalam pagelaran itu, kategori film berbahasa asing terbaik diraih Ida. Sementara, dokumenter terbaik jatuh pada CitizenFour. Film yang disutradarai Laura Poitras ini menceritakan tentang whistleblower Badan Keamanan Nasional (NSA) Edward Snowden. “Subjek Citizenfour, Edward Snowden, tidak bisa hadir karena sejumlah pelanggaran,” seloroh host Academy Awards, Neil Patrick Harris.

Daftar pemenang Academy Awards:

Film Terbaik: Birdman

Aktor Terbaik: Eddie Redmayne (The Theory of Everything)

Aktris Terbaik: Julianne Moore (Still Alice)

Sutradara Terbaik: Alejandro G. Inarritu (Birdman)

Aktor Pendukung Terbaik: J.K. Simmons (Whiplash)

Aktris Pendukung Terbaik: Patricia Arquette (Boyhood)

Adaptasi Terbaik: Graham Moore (The Imitation Game)

Skenario Terbaik: Alejandro G. Inarritu, Nicolas Giacobone, Alexander Dinelaris Jr. dan Armando Bo (Birdman)

Film Berbahasa Asing Terbaik: Ida (Polandia)

Film Animasi Terbaik: Big Hero 6

Film Dokumenter Terbaik: CitizenFour

Lagu Soundtrack Terbaik: Glory (Selma)

Penata Musik Terbaik: Alexandre Desplat (The Grand Budapest Hotel)

Penata Kostum Terbaik: Milena Canonero (The Grand Budapest Hotel)

Sinematografi Terbaik: Emmanuel Lubezki (Birdman)

Penata Rias dan Rambut Terbaik: Frances Hannon dan Mark Coulier (The Grand Budapest Hotel)

Efek Visual Terbaik: Interstellar
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8246 seconds (0.1#10.140)