Menikmati Keindahan Puncak dengan Paralayang

Jum'at, 27 Februari 2015 - 08:29 WIB
Menikmati Keindahan Puncak dengan Paralayang
Menikmati Keindahan Puncak dengan Paralayang
A A A
BOGOR - Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, sudah lama populer sebagai daerah tujuan wisata yang menyuguhkan lansekap pegunungan disertai kebun teh dengan hawa sejuk. Untuk menikmati keindahan alamnya ada banyak cara, salah satu yaitu dengan aktivitas paralayang. Kegiatan ini dapat membawa Anda terbang ribuan kaki di atas hijaunya kawasan Puncak.

Dikutip dari Indonesia Travel, Paralayang di Puncak pertama kali diresmikan sekitar tahun 1990-an oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Saat itu titik lokasinya berada tidak jauh dari Masjid At-Ta'awun, sekitar 700 meter.

Bagi Anda yang belum memiliki peralatan maupun lisensi paralayang, ada banyak operator parayalang dengan instruktur atau pilot berpengalaman yang siap membawa Anda melihat bentang alam puncak.

Anda yang pemula, akan terbang ditemani bersama instruktur. Karena parasut yang digunakan cukup lebar yakni sekira 10 meter, seorang instruktur dan penumpang dapat terbang bersama sekaligus. Posisi instruktur berada di belakang dan penumpang ditempatkan di depan. Instruktur paralayang di Puncak juga kerap disebut paraboy.

Untuk mengikuti kegiatan ini, Anda diwajibkan untuk mengisi formulir serta menggunakan pelindung diri yang disebut harness, helm, juga sepatu agar pendaratan di atas tanah lebih aman. Disarankan untuk menggunakan celana panjang, karena udara yang dingin serta demi keselamatan saat mendarat.

Anda akan memiliki waktu 10-15 menit di atas udara sambil melihat indahannya perbukitan dan tebing. Biasanya ketinggian yang diberlakukan untuk penumpang adalah sekira 1.500-1.900 kaki, namun atlet paralayang profesional mampu terbang hingga 3000 kaki dan bahkan beralih dari satu pegunungan ke pegunungan lain.

Saat akan melakukan pendaratan, kru akan membantu Anda sesuai prosedur. Tidak ada batasan usia untuk melakukan olahraga ini, namun ada batasan berat badan. Dimana instruktur hanya mampu membawa penumpang dengan bobot 25-95 kilogram.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7495 seconds (0.1#10.140)