Salad Segar dan Sehat

Jum'at, 27 Februari 2015 - 11:21 WIB
Salad Segar dan Sehat
Salad Segar dan Sehat
A A A
Hidangan sehat yang sekaligus mengenyangkan, itulah salad. Kaya vitamin, mineral, dan serat menjadikan salad baik dimasukkan dalam daftar menu keseharian. Yang pasti, tidak ada guilty feeling usai menyantapnya.

Hidangan yang satu ini pastinya bukan termasuk kategori guilty pleasure, malah tanpa perasaan bersalah sama sekali dan kudu dimasukkan dalam daftar menu keseharian keluarga. Boleh dibilang, salad merupakan hidangan yang terdiri atas buah dan sayur yang pas untuk dikudap, bahkan mengenyangkan.

Benar lho, makan salad dapat mengenyangkan. Jika hanya dengan sayuran atau buah sebagai isi salad bagi Anda tidak cukup mengenyangkan, bisa ditambahkan dengan telur rebus, daging ayam, ikan, ataupun daging sapi sebagai asupan protein plus taburan keju. Namun bagi yang tengah berdiet, salad macam ini bisa-bisa menggagalkan diet Anda.

Perhatikan pula dressing yang digunakan. Bagi yang suka dressing mayones atau thousand island, mulai sekarang sebaiknya dikurangi atau bahkan dapat diganti minyak zaitun jika ingin lebih sehat. Hindari pula buahbuahan dengan kadar gula tinggi. Anda juga dapat membawa menu ini sebagai bekal makan siang ke kantor. Pastikan setelah salad dicuci bersih, tiriskan hingga kering agar tempat makan tidak basah oleh air tetesan sayuran.

Pastikan memisahkan dressing yang akan digunakan. Simpan dressing dalam wadah tersendiri dan baru disiram jika akan disantap. Jika tidak, salad akan berair dan tidak segar lagi. Jika bosan dengan salad sayur, bisa beralih ke salad buah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalkan saja tingkat kematangan buah, pilih buah dengan tingkat kematangan yang sama.

Hindari buah yang berasa asam. Pilih buah yang memiliki berdaging lembut. Memilih buahnya pun jangan terlalu matang karena bisa hancur dengan cepat dan ketika dimakan menjadi lembek. Agar menarik, pilihlah buah dengan berbagai macam warna dan semakin banyak serat. Agar lebih enak disantap, buang semua bagian batang buah. Namun bila diperlukan, sebelum ditaruh di dalam wadah, kulitnya tidak perlu dibuang.

Jangan lupa menyingkirkan biji buah. Nah, salah satu trik membuat salad buah, yaitu teknik pemotongan, lakukan pemotongan dadu karena ini merupakan jenis salad buah terbaik. Untuk memperkuat rasa, tambahkan rasa asam dari jeruk atau beri sedikit garam di dalamnya. Dengan dua bahan ini, salad jadi kaya rasa, bisa juga menambahkan daun mint.

Terakhir, berikan gula pasir karena butiranbutirannya akan membuat sensasi dalam menikmatinya Berbicara soal salad sebenarnya kita juga memiliki salad lokal yang dapat disantap sebagai makanan pembuka, pendamping hidangan utama, ataupun hidangan penutup.

Sebut saja gado-gado, apalagi penyajian gado-gado terbilang variatif, bergantung daerah mana penganan ini dikembangkan. Sayur-sayuran yang digunakan dapat apa saja, tapi yang menjadi kesamaan adalah penggunaan bumbu kacang sebagai saus, kemudian ditambah tahu, tempe, dan kerupuk. Rujak juga merupakan salad asli Indonesia, termasuk asinan.

SAUS SALAD

Secara garis besar saus salad dibedakan dari bahan utamanya, yakni berbahan dasar mayones dan minyak salad atau salad oil . Salad berbahan dasar minyak sering disebut sebagai French salad dressing karena salad ini diperkenalkan pertama kali di Prancis dan dikenal dengan sebutan vinaigrette. Saus vinaigrette terbuat dari minyak salad yang dicampur dengan cuka, merica, dan garam.

Sebagai variasi ditambahkan bawang putih, bawang bombai, rempah, mustard, capers, atau anchovy. Jenis minyak salad yang dipakai bisa berupa minyak zaitun, minyak jagung, minyak kedelai, atau minyak canola. Ada juga yang membuat racikan dengan nama French creamy yang memakai mayones, cabai bubuk, dan beberapa rempah lain sebagai bumbu.

Sementara saus mayones yang populer adalah thousands island . Saus ini dibuat dari mayones, putih telur cincang, capers , saus tomat, air jeruk, merica, dan garam. Untuk penyimpanan saus vinaigrette dan mayones yang sudah dibumbui sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin selama beberapa jam agar bumbu-bumbu dapat meresap sempurna sebelum disajikan dengan salad. Jika tidak ingin repot, Anda dapat membeli saus salad ini yang dikemas dalam botolan di supermarket.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6410 seconds (0.1#10.140)