Tidur Lebih dari 8 Jam Bisa Picu Stroke

Senin, 02 Maret 2015 - 17:37 WIB
Tidur Lebih dari 8 Jam...
Tidur Lebih dari 8 Jam Bisa Picu Stroke
A A A
WASHINGTON - Tidur lebih dari 8 jam setiap malam ternyata dapat memicu terjangkitnya stroke. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian di University of Cambridge. Para peneliti menganalisis pola tidur dari hampir 10.000 orang berusia 42 hingga 81 tahun di Inggris dan mereka menyimpulkan bahwa dalam kurun waktu hampir 10 tahun, sebanyak 346 orang dilaporkan mengalami stroke.

Orang dewasa yang tidur lebih dari 8 jam semalam 46% lebih mungkin untuk menderita stroke daripada mereka yang tidur hanya 6—8 jam. Bahkan, risiko akan empat kali lebih besar ketika Anda tidur kurang dari 6 jam semalam.

Penelitian ini tentu juga disesuaikan dengan beberapa faktor, termasuk usia dan jenis kelamin, serta temuan mereka dari review data gabungan 11 studi yang sama yang mencakup 560.000 orang di 7 negara. Dari segi usia dan jenis kelamin, Los Angeles mencatat resiko stroke dan tidur terlalu lama memang lebih besar terhadap perempuan dan berusia 63 tahun atau lebih.

Meski begitu, para peneliti juga merasa masih belum jelas apakah durasi tidur lebih lama adalah gejala atau penyebab risiko stroke. “Dengan penelitian lebih lanjut, kita mungkin menemukan bahwa tidur berlebihan terbukti menjadi indikator awal peningkatan risiko stroke,” ujar salah satu peneliti seperti dikutip Foxnews.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)