Hidangan Mewah Menu Degustation

Selasa, 03 Maret 2015 - 10:30 WIB
Hidangan Mewah Menu Degustation
Hidangan Mewah Menu Degustation
A A A
L’Avenue mengajak tamu menikmati sajian mewah degustation. Menu ini meliputi enam macam hidangan yang disajikan elegan sambil menyesap wine pilihan.

Dihiasi dengan marmer Carrera dan nuansa karya seni era kolonial, L’Avenue, restoran yang terletak di lobi level The Hermitage Hotel, Jalan Cilacap nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat, merupakan salah satu warisan mewah sejarah Ibu Kota Jakarta. Restoran fine dining ini mengajak para tamu menikmati berbagai masakan Prancis yang menggunakan bahan-bahan tradisional Indonesia yang dimasak dengan menerapkan teknik molekuler terkini.

Konsep unik tersebut baru-baru ini dikenalkan kepada publik yang ingin merasakan petualangan kuliner eksklusif sekaligus mewah dalam balutan sajian menu degustation . Mengusung tema ”Luxurious Degustation Menu”, L’Avenue mencoba memberikan pengalaman gastronomi yang tak terlupakan.

Menu degustation ini sebenarnya merupakan sederet menu pilihan favorit dari hidangan a la carte yang disajikan di restoran hotel berbintang lima itu. ”Kami sengaja menciptakan secara khusus menu degustation ini agar para tamu setia L’Avenue dapat mencicipi berbagai macam cita rasa menu eksklusif, dengan harga terjangkau,” kata Karina Eva Poetry selaku Public Relations Manager The Hermitage Menteng Jakarta kepada KORAN SINDO saat berkunjung ke hotel yang mempunyai 90 kamar itu.

Diambil dari Wikipedia, degustation adalah suatu istilah di bidang kulinari yang bisa diartikan sebagai sebuah apresiasi terhadap variasi hidangan yang memanjakan segenap indera. Degustation melibatkan seni tinggi hidangan dengan pilihan minuman yang sesuai. Sajian berkelas ini biasa disajikan dalam porsi kecil yang merupakan menu andalan sang koki.

Rangkaian menu degustation lazimnya terdiri atas delapan hidangan atau lebih dan ditemani wine di setiap hidangan yang dikeluarkan. Enam hidangan degustation meliputi dua macam sajian seafood, daging merah, hidangan penutup, serta wine. Sementara dalam menu degustation juga sering dihidangkan menu vegetarian dan makanan lain yang bervariasi.

Terlebih jika menu yang ditawarkan terdiri atas sembilan macam hidangan. ”Restoran L’Avenue menawarkan pengalaman mewah ini dan memberikan semua pelanggan kesempatan untuk mencicipi 6- course menu seharga Rp888.000 per orang. Tambahan anggur atau wine sebagai pelengkap hidangan juga dapat dinikmati dengan tambahan Rp588.000,” kata Karina.

Di antara menu degustation yang ditawarkan, yaitu saumon de tasmanie fume atau salmon asap, foei gras poele, soupe a l’oignon, sherbet, ravioles au legume, filet de beuf, l’oasis, dan mignardises. Setiap makanan disajikan dengan wine. Sebut saja soupe a l’oignon yang ditemani bernard magrez, oustric sauvignon blanc keluaran Prancis 2012.

Menu degustation hanya hadir pada malam hari. Selain menu tersebut, pilihan lainnya adalah Exquisite Set Menu Dinner yang juga tersedia setiap hari pada waktu makan malam. Sang chef telah merancang hidangan mewah 3-course set menu, yang secara khusus dipilih dari menu a la carte yang tersedia.

Exquisite set menu dinner ini masing-masing terdiri atas hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup, yang disiapkan dengan bahan-bahan terbaik. Meski hotel ini baru seumur jagung, tampaknya untuk urusan kuliner L’Avenue mencoba berlomba dengan hotel-hotel lain di Jakarta yang telah lebih dulu eksis.

Ya, restoran ini terbilang cukup giat mengenalkan jajaran hidangan besutannya. Di samping menawarkan sajian seperti yang telah disebutkan, restoran ini juga mengajak para tamu menyegarkan diri pada Minggu siang sambil menikmati sajian brunch. Menu ini disajikan semiprasmanan pada pukul 11.30 hingga 15.00.

Berbagai pilihan poultry, beef dan fish/seafood sebagai hidangan utama dapat dinikmati untuk melengkapi pengalaman bersantap, dan sudah termasuk pilihan jus segar serta Hermitage lime iced tea. Sebagai pilihan menu brunch, L’Avenue juga memberikan pilihan lain, yakni Hermitage Delight yang menyediakan free flow sparkling, red and white wine, sparkling water, air mineral, dan soft drinks.

Semua hidangan Restoran L’Avenue ditangani langsung oleh Chef Guillermo Varela Mata dari Prancis. Restoran ini tidak hanya memanjakan lidah, juga menyenangkan mata. Sembari menyantap hidangan, Anda akan dibawa kembali ke zaman kolonial Belanda.

Dinding restoran bernuansa taupe dengan langit-langit tinggi dan lantai marmer menciptakan suasana hangat dan bercahaya pada siang hari. Juga suasana elegan dan intim pada malam hari untuk menu fine dining . Berkapasitas hingga 68 orang, buka setiap hari untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Ada tiga area makan dan ruang pribadi yang menampung 12 kursi.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5040 seconds (0.1#10.140)