Makanan Diet Sesuai Golongan Darah

Kamis, 05 Maret 2015 - 12:35 WIB
Makanan Diet Sesuai Golongan Darah
Makanan Diet Sesuai Golongan Darah
A A A
INDIA - DIET merupakan hal yang penting bagi kesehatan tubuh dan dalam menjalankan pola hidup sehat. Ada berbagai macam jenis diet yang telah banyak dikenal oleh masyarakat.

Salah satunya adalah jenis diet golongan darah, yaitu jenis diet yang berdasar golongan darah si pelaku diet. Hasil penelitian terhadap diet ini, terdapat reaksi tubuh setiap orang yang memiliki golongan darah berbeda terhadap jenis makanan tertentu.

Hal ini ditemukan oleh Naturopathic physician Peter D'Adamo yang memetakan diet pada golongan darah. Teorinya yang ditemukannya mengatakan, bahwa setiap golongan darah mengandung antigen yang unik, antigen adalah zat yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi terhadap penanda. Sehingga, memiliki kecenderungan untuk bereaksi buruk dengan makanan tertentu. Alhasil menyebabkan masalah kesehatan yang potensial. (Baca juga : Makanan Sehat yang Buat Langsing Artis Korea).

"Golongan darah berkembang pada waktu yang berbeda sepanjang sejarah. Kita harus makan diet berdasarkan jenis makanan yang berdasarkan nenek moyang kita biasanya makan pada saat itu," ujar Peter D'Adamo seperti dikutip Times of India. Berikut makanan yang cocok untuk diet berdasarkan golongan darah, antara lain :

1. Golongan Darah O
Pada diet golongan darah, makanan diklasifikasikan menjadi tiga golongan utama, yaitu makanan yang tergolong sangat baik, netral, dan yang terakhir adalah golongan makanan yang harus dihindari.

Dr D'Adamo merekomendasikan bahwa golongan darah O lebih baik mengkonsumsi protein tinggi untuk program dietnya. Seafood adalah beberapa jenis makanan yang termasuk kategori sangat baik untuk dikonsumsi.

Makanan lain seperti ikan tuna, sardine, tempe, tahu, daging, ayam, dan susu kedelai adalah beberapa jenis makanan yang bersifat netral bagi golongan darah O. Hindarilah sayuran seperti, terong, kentang, jamur, dan tauge atau jenis sayuran yang mengandung banyak lektin.

2. Golongan Darah A
Golongan darah A sangat cocok untuk menjadi seorang vegetarian. Orang dengan jenis golongan darah ini dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur ketimbang makan daging merah, daging bebek, kelinci, seafood seperti udang, cumi dan lobster, juga jenis makanan tinggi lemak seperti keju, susu, es krim dan makanan tinggi karbohidrat, contohnya ubi.

3. Golongan Darah B
Golongan darah ini terkait dengan sistem kekebalan yang kuat dan sistem pencernaan yang fleksibel. Golongan darah B memiliki tingkat antibodi yang paling tinggi diantara golongan darah yang lain, sehingga orang dengan golongan darah B umumnya akan jarang terserang penyakit. Oleh karena itu, D'Adamo menyarankan orang golongan darah B baik mengkonsumsi susu .

4. Golongan Darah AB
Golongan darah yang termasuk perantara golongan darah A dan B ini merupakan jenis golongan darah yang misterius dan unik. Orang dengan golongan darah AB dapat menyesuaikan diri dengan berbagai makanan. Hal ini jauh lebih mudah daripada orang dengan golongan darah lain. Sehingga, konsumsi daging dan sayuran yang berimbang akan berdampak sangat baik bagi golongan darah AB.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7843 seconds (0.1#10.140)