Variasi Telur untuk Sarapan

Rabu, 11 Maret 2015 - 08:53 WIB
Variasi Telur untuk Sarapan
Variasi Telur untuk Sarapan
A A A
TIDAK hanya diceplok atau direbus, telur juga bisa dikreasikan menjadi berbagai olahan untuk sarapan yang lezat. Tak butuh waktu lama untuk memasaknya, makan pagi pun makin menyenangkan.

Sarapan tidak boleh ditinggalkan, mengingat tubuh mendapatkan sumber energi untuk memulai beraktivitas lewat kegiatan makan pagi. Menyempatkan diri untuk sarapan setiap pagi juga akan membuat kita tidak makan berlebihan pada saat makan siang yang justru dapat menaikkan berat badan.

Nah, agar sarapan tidak monoton, tak ada salahnya berkreasi dengan telur. Jangan hanya dibuat mata sapi atau direbus. Telur justru dapat dikreasikan menjadi hidangan yang enak, sarat gizi, dan disukai anak-anak karena bentuknya yang unik. Apalagi ditambah dengan protein lain, seperti sosis yang menjadikan hidangan berbahan dasar telur jadi makin bergizi.

Coba saja membuat toad in the hole . Ini adalah makanan tradisional ala Inggris, yang terdiri atas sosis yang dimasak di dalam adonan puding yorkshire. Umumnya disajikan dengan sayuran dan kaldu bawang yang kental ataupun kentang. Asal-muasal nama toad in the hole kerap menimbulkan perselisihan.

Banyak yang menyatakan, nama yang tidak lazim tersebut diberikan karena makanan ini bentuknya menyerupai katak (toad ) yang sedang menjulurkan kepalanya dari dalam lubang. Namun, ada pula rumor yang mengatakan, makanan ini pernah disebut juga sebagai frog in the hole .

Apa pun asal usul namanya, yang jelas resep membuat makanan ini sangat sederhana dan mudah. Sebuah loyang berisi minyak dan sosis dimasukkan ke dalam oven dan dipanaskan, sementara adonan dipersiapkan. Adonan yang terdiri atas tepung terigu, susu cair, telur, garam, dan merica bubuk kemudian dituangkan di atas sosis dan minyak panas untuk kemudian dipanggang hingga kecokelatan. Varian telur yang lain, egg in a hole .

Untuk membuatnya, ajak serta anak-anak agar mereka bisa berkreasi dan mau menyantap hasil karya mereka sendiri. Waktu persiapannya sekitar lima menit, sedang waktu memasaknya 10 menit. Siapkan lembaran roti tawar atau jika ada roti gandum lebih baik. Jika ada cetakan kue berbentuk binatang atau bentuk lain yang lucu, bisa digunakan.

Buat lubang di bagian tengah roti dengan cetakan tersebut. Bisa juga menggunakan cutter . Panaskan wajan dengan butter dan panggang roti bolakbalik. Baru selanjutnya, pecahkan telur dan masukkan ke dalam lubang roti. Jika ingin matang merata, tutup wajan dan kecilkan api. Kalau hanya ingin sekadar membuat telur ceplok, Anda bisa menghidangkannya bersama roti isi atau kentang goreng.

Sedikit tips, untuk bentuk telur ceplok yang lebih rapi, pecahkan telur ke piring kecil lebih dulu daripada langsung memasukkan ke wajan. Menggoreng telur ini jangan dengan api besar, telur malah akan jadi keras. Masak dengan api kecil, yang akan menjaga nutrisi di dalamnya. Anda juga bisa membuat omelet dengan isian daging, sayuran, bahkan keju untuk memancing selera si buah hati.

Bisa juga ditambahkan udang. Cara membuatnya tak kalah gampang dengan yang lain. Lebih dulu wajan dipanaskan dan masukkan udang jika Anda menggunakan udang. Berikutnya, masukkan sayuran, bisa wortel atau paprika yang dipotong dadu atau daun bawang. Jangan lupa tambahkan garam dan merica, lalu sisihkan.

Selanjutnya, telur dicampur dengan tepung terigu, dan garam, aduk rata. Masukkan tumis sayuran yang tadi, aduk sampai rata. Adonan dibagi dan kembali dimasak dengan api kecil sampai pinggirnya kekuningan, balik sebentar, baru diangkat.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3668 seconds (0.1#10.140)