Topokki, Jajanan Khas Korea

Jum'at, 13 Maret 2015 - 08:59 WIB
Topokki, Jajanan Khas Korea
Topokki, Jajanan Khas Korea
A A A
ANDA yang suka menyaksikan drama Korea pastilah sudah familier dengan penganan yang satu ini. Ya, topokki namanya.

Ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang populer di Korea. Bahan dasarnya terbuat dari tteok, yaitu tepung beras yang dibentuk bulat memanjang. Teksturnya kenyal dan berwarna putih. Topokki selalu disajikan dalam keadaan panas dengan saus yang pedas karena ditambahkan kochujang atau pasta cabai dan kochukaru alias bubuk cabai.

Di sini untuk dapat menikmati topokki Anda harus masuk dulu ke restoran Korea sehingga terkesan makanan ini mahal. Padahal, di negara asalnya justru ini adalah jajanan yang dengan mudah ditemukan di pinggir jalan. Pembelinya menyantap topokki tanpa kursi, mereka berdiri di kios yang menjajakannya.

Zaman dahulu, hanya keluarga kerajaan yang boleh menikmati topokki. Bahan utamanya jelas tepung beras. Selanjutnya, tinggal meramunya dengan bumbu saja. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan topokki, pasta cabai, gula, dan bawang putih. Jika mau lebih pedas, tinggal ditambah cabai bubuk.

Untuk menambah rasa, dapat dimasukkan sayuran kol, wortel, bawang bombai, dan daun bawang sesuai selera. Saat ini topokki memiliki bentuk yang beragam dan dengan isian pula. Bentuknya antara lain bulat sampai berbentuk bintang.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6024 seconds (0.1#10.140)