Tips Membuat Tempura

Selasa, 17 Maret 2015 - 10:51 WIB
Tips Membuat Tempura
Tips Membuat Tempura
A A A
Membuat tempura sebenarnya tidaklah sulit, selama Anda mengetahui triknya. Simak tips berikut untuk mendapatkan tempura yang tidak mengecewakan:

1. Ragam sayuran.

Sayuran yang bisa diolah sebagai tempura, antara lain zucchini, ubi, akar teratai, paprika, terung, daun seruni, dan lain-lain. Cuci dan keringkan sayuran sebelum dicelupkan ke dalam adonan terigu.

2. Tepung tempura.

Tepung tempura siap pakai untuk membuat adonan tempura banyak dijual di pasar swalayan. Cairkan tepung dengan air hingga cukup encer.

3. Minyak banyak.

Panaskan minyak banyak di atas api sedang hingga mencapai suhu 180 Celsius. Cara mengetes adonan, jatuhkan adonan ke dalam minyak. Jika adonan mengendap sebentar ke dasar wajan kemudian segera naik ke atas, itu tandanya minyak cukup panasnya. Jika adonan langsung naik ke permukaan, berarti minyak terlalu panas.

4. Proses menggoreng

Setelah sayuran atau bahan lainnya dicelupkan ke adonan, langsung saja digoreng. Suara gemericik minyak dan air merupakan tanda proses pematangan. Jika suaranya berisik, berarti adonan belum kering dan masih banyak mengandung air. Sebaliknya, jika suara berisik sudah berkurang, berarti sudah matang.

5. Tiriskan dan segera nikmati.

Setelah adonan kering, tiriskan. Sajikan dan nikmati segera agar rasa renyahnya tetap terasa.

Novi
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4833 seconds (0.1#10.140)