Kiat Anggun Merintis Karir Go Internasional

Jum'at, 20 Maret 2015 - 11:32 WIB
Kiat Anggun Merintis Karir Go Internasional
Kiat Anggun Merintis Karir Go Internasional
A A A
JAKARTA - Saat ini begitu banyak artis, musisi, dan pelaku seni Indonesia lainnya yang ingin mewujudkan cita-cita mereka untuk dapat go internasional. Penyanyi cantik Anggun C. Sasmi sudah lebih dulu menjalani karir di luar negeri. Menurutnya, arti dari go internasional itu sendiri adalah jika seseorang bisa memiliki karir di negeri orang dan diterima oleh masyarakatnya.

Go internasional itu artinya punya karir di luar. Kalau penyanyi ya berarti punya album, terus bikin konser, didatangi orang-orang luar. Kalau misalnya aktris ya main film di luar, segala sesuatunya ya intinya go di luar. Mempunyai karir di negara orang dan di apresiasi nggak cuma sama orang kita tapi juga dengan orang luar, diterima oleh mereka,” ujar pelantun lagu Tua-tua Keladi ini kepada Sindonews, di Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Anggun menambahkan bahwa dalam perjalanan ia membangun karirnya di luar negeri tentu memiliki sejumlah hal yang menjadi pelajaran berharga bagi dirinya.

Ia mengaku dalam menjalani karirnya sebagai penyanyi, ternyata menyanyi saja tidaklah cukup. Ia juga harus mampu menulis lagu untuk menunjukkan kekuatan dirinya yang berbeda dengan penyanyi lain yang begitu banyak.

“Yang jadi pelajaran banget, dulu aku waktu meninggalkan Indonesia kan sudah bikin album, sudah punya lagu sendiri, sudah sering tur, show, orang datang untuk nonton konser (saya). Di sana (di luar negeri) itu bukan apa-apa. Segala sesuatu yang aku bina dari sini tiba-tiba harus dimulai lagi dari bawah, itu yang seperti cambukannya disitu. Mulai dari bawah, belajar, memberitahu ke orang nama saya Anggun, saya dari Indonesia, saya bisa ini itu. Saya sadar bahwa nyanyi aja nggak cukup, jadi nyanyi dan harus punya dunianya," urainya.

Penyanyi dengan segudang talenta dan penghargaan ini juga menjelaskan bahwa tiga hal utama yang penting untuk dimiliki setiap orang adalah, bakat, kerja keras, dan faktor luck atau keberuntungan. Menurutnya, ketiga hal tersebut saling berkaitan dan penting untuk bekal seseorang untuk memulai karir mereka.

"Nah supaya orang tahu musiknya kamu ada dimana, kamu itu penyanyi seperti apa, karena penyanyi itu banyak sekali, harus menulis lagu. Menulis lagu menjadi salah satu kekuatan seorang penyanyi. Kalau orang mau tahu aku, dengar saja lagu-laguku, baca lirik-lirikku, karena bikinnya setengah mati,” jelas Anggun seraya tertawa.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6239 seconds (0.1#10.140)