Mudahnya Membuat Risotto

Selasa, 31 Maret 2015 - 09:22 WIB
Mudahnya Membuat Risotto
Mudahnya Membuat Risotto
A A A
RISOTTO merupakan makanan asal Italia yang sarat akan nutrisi dan disukai baik kalangan muda atau tua.

Membuat hidangan ini pun tidak sulit dengan bahan-bahan yang juga mudah didapat. Bahan utama pembuatan risotto sebenarnya cukup sederhana, yakni bawang bombai, minyak zaitun, garam, dan bawang putih. Berikutnya Anda bisa menambahkan apa pun, mulai keju parmesan, ikan, ayam atau daging, sampai aneka sayuran.

Namun, daging ayam mempunyai rasa yang lebih ”masuk” jika dikombinasikan dengan bahan lain. Usahakan untuk menambahkan kaldu ayam ke risotto , alternatif lain bisa juga menggunakan chicken powder . Resep black ink risotto terbilang mudah dibuat. Menggunakan tinta cumi yang bisa didapat di supermarket. Tinta cumi ini tidak ada rasanya, gunanya hanya untuk pewarna makanan.

Saat memasak, pastikan api selalu kecil. Semakin lama memasak risotto justru semakin bagus. Bumbu yang digunakan pun akan lebih menyerap sehingga cita rasa risotto akan lebih enak. Dengan api kecil siram, sedikit minyak zaitun ke wajan. Setelah panas baru masukkan bawang bombai dan bawang putih.

Penting untuk tidak membuat bawang ini berubah warna atau malah hangus karena akan mengubah aroma masakan. Setelahnya tambahkan white wine sedikit, hanya untuk penambah rasa, barulah masukkan kaldu ayam.

Berikutnya giliran memasukkan nasi. Ingat, untuk memasak risotto ini gunakan beras Arborio dari Italia. Beras ini memiliki butiran yang cukup besar ketimbang beras lokal. Teksturnya pera seperti nasi yang digunakan untuk membuat nasi goreng. Memasaknya pun cukup setengah matang, kalau matang justru menjadi lembek ketika diolah.

Ketika memasak nasi ini gunakan kaldu ayam agar lebih gurih dan tidak perlu mencuci beras terlebih dahulu. Sebab, kunci kelezatan risotto justru terletak pada air tajin beras Arborio ini. Dengan begitu, nasi akan tetap creamy . Setelah memasukkan nasi ke dalam wajan, selanjutnya memberi tinta cumi.

Langsung saja nasi menjadi hitam. Nah , baru masukkan garam, merica, lada hitam, dan saus tomat. Sebaiknya gunakan saus tomat, bukan pasta. Pasta tomat mengandung terlalu banyak lemak.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9309 seconds (0.1#10.140)