Menikmati Konro Aneka Saus

Rabu, 01 April 2015 - 08:31 WIB
Menikmati Konro Aneka Saus
Menikmati Konro Aneka Saus
A A A
RESTORAN ini menyajikan coto dari Makassar dan konro bakar dengan cara yang beda. Mariki Raja Konro memiliki beragam varian saus konro bakar yang bakal membuat lidah bergoyang.

Kuliner asal Makassar makin menjamur di Jakarta. Salah satunya dapat ditemukan di Cilandak Town Square, Mariki Raja Konro namanya. Tempatnya memang tidak begitu luas, tapi pengunjungnya lumayan ramai. Dede Sulaeman selaku store manager mengatakan, tidak sama dengan restoran konro yang sudah lebih dulu terkenal.

Restoran ini mengandalkan aneka saus sebagai siraman konro bakar. Tak tanggung-tanggung, ada beberapa jenis saus yang bisa dipadukan dengan iga bakar pesanan Anda. Antara lain konro bakar original (bumbu kacang), konro pedas Thailand (jahe dan cabai), konro Italia (jamur, sosis, dan rempah), lada hitam (lada hitam dengan wijen), serta konro Afrika.

Yang disebut terakhir ini sausnya hampir mirip dengan konro pedas Thailand. Ada jagung manis dan daging kepiting. Untuk menghasilkan daging iga yang empuk, daging iga direbus selama tiga jam dengan bermacam rempah. Setelah itu, konro siap diolah menjadi sup ataupun konro bakar. Untuk konro bakar, sebelumnya diolesi bumbu kecap bolak-balik sehingga menyerap sempurna. ”Baru sesudah dibakar, disiram dengan saus yang dipesan,” kata Dede.

Dedel mengatakan, daging iga yang digunakan seluruhnya lokal. Ada dua ukuran konro bakar yang ditawarkan. Small dengan satu ruas iga serta large dengan dua ruas iga. Tidak sembarang memilih, konro juga dipilih dengan melihat beratnya. Ukuran small 280-300 gram, sementara large 350-380 gram. ”Kami juga perhatikan tulangnya. Dipilih tulang yang kecil,” kata Dede.

KORAN SINDO mencoba konro pedas Thailand ukuran large . Porsinya memang cukup besar dan bisa disantap, baik dengan nasi maupun buras. Dagingnya amat empuk dan tak butuh tenaga ekstra untuk memotongnya. Ada rasa pedas sekaligus asam khas Thai. Itu belum seberapa, yang lebih spektakuler adalah sumsum kaledo alias kaki lembu Donggala.

Kaki sapi ditempatkan pada sebuah mangkuk dan di kuah juga terdapat paru, jantung, dan daging sapi bertabur daun bawang. Di bagian atasnya ada sedotan untuk menyedot sumsum yang lembut lagi gurih. Sedot terus sampai habis tak bersisa! Hidangan berkuah lain adalah coto makassar. Menikmatinya bisa dengan buras. Mirip dengan lontong, hanya buras menggunakan santan.

Di samping masakan Makassar, ada makanan lain yang juga bisa dinikmati. Gado-gado, ketoprak, siomay, dan tahu gejrot. Olahan ayam pun ada. Sama seperti konro bakar, daging ayam juga bisa dibakar dengan saus-saus yang disebutkan sebelumnya. Menu lain gurame ala Mariki, cumi cabe ijo, cumi ala Mariki, nasi ayam cabe ijo, mi titi, nasi goreng merah ayam, dan nasi goreng merah sapi di antaranya.

Untuk sayuran pilihannya juga bermacam. Seperti kangkung belacan, terong balado, baby buncis cah daging, dan terong penyet cabe ijo. Yang istimewa, Mariki Raja Konro menawarkan nasi goreng kampung, nasi gila, dan nasi goreng gila dengan lima level pedas. Untuk dessert , restoran yang sudah dua tahun ini menyediakan es pisang ijo, palu butung, mango snow ice , dan durian snow ice .

Restoran ini membanderol makanan mulai dari Rp29.000-Rp92.000. Minuman Rp7.000-Rp23.000. Kabar baik bagi mereka yang sedang berulang tahun, silakan tunjukkan kartu identitas dan Anda akan mendapatkan es pisang ijo atau es palu butung secara cuma-cuma.

Bukan hanya itu, mulai bulan ini konsumen yang bekerja di sekitar TB Simatupang bisa mendapatkan potongan harga 10% dengan cara memberikan kartu nama. ”Berlaku mulai pukul 17.00 pada April ini,” pungkas Dede.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4090 seconds (0.1#10.140)