Lebih dari Sekadar Bebek

Senin, 06 April 2015 - 10:33 WIB
Lebih dari Sekadar Bebek
Lebih dari Sekadar Bebek
A A A
NAMANYA Bakoel Bebek, tapi hidangan yang ditawarkan tidak hanya terbatas pada menu unggas tersebut. Aneka makanan Nusantara hingga Chinese food juga tersedia di sini.

Kalau Anda sedang berada di bilangan Buncit dalam keadaan perut kosong, cobalah merapat ke Jalan Warung Buncit Raya, tepatnya di gedung Total Buah Segar. Di lantai dua terdapat sebuah rumah makan yang sudah eksis sejak 2005. Namun, sejak 2010 restoran ini mempercantik tampilannya dan berganti nama menjadi Bakoel Bebek.

Dari namanya jangan lantas berkesimpulan hanya menu bebek yang tersedia. Masuk dulu dan perhatikan daftar menunya, barulah Anda bisa tahu bahwa menu yang dijual cukup bervariasi. Andalannya memang bebek goreng. Paket bebek goreng merupakan menu favorit.

Sudah termasuk dengan nasi, sayur asam, lalapan, dan sambal. Boleh pilih mau bebek goreng atau bebek bakar. Ada pula sate bebek dan nasi goreng bebek dengan pete sebagai olahan bebek yang lain. Ahmad Yusri menuturkan, untuk pemilihan daging bebek sengaja dipilih bebek muda yang notabene lebih empuk. ”Kelebihan lain bebek muda, yaitu tidak berbau anyir,” sebut manajer Bakoel Bebek ini.

Agar empuk, daging bebek diungkep dengan berbagai rempah selama dua jam baru kemudian diolah sesuai pesanan. Pantas saja daging bebeknya amat empuk dan terasa bumbunya, sebut saja bawang putih, ketumbar, dan kunyit yang meresap hingga ke dalam daging bebek. Dan yang pasti, tanpa bau anyir.

Daging bebek disajikan panas dan masih lembap dengan kulit garing renyah. Semakin nikmat saat bebek disantap dengan nasi merah hangat. Semakin sempurna ketika daging bebek dicocol dengan sambal yang cukup pedas. Perpaduan bawang putih, cabai merah, dan cabai hijau dalam sambal yang bebas nambah.

Di samping bebek, hidangan Nusantara bisa ditemukan pada restoran berkapasitas 120 orang ini. Gurame saus padang dan gurame asam manis, cumi goreng tepung, dan kepiting saus padang mantap dinikmati untuk makan siang ataupun makan malam. Juga ada beragam olahan udang. Dimasak goreng tepung, bakar, saus padang, hingga digoreng mentega tinggal pilih saja.

Gurame goreng asam manisnya layak dicoba. Porsinya besar, bisa untuk dinikmati sampai lima orang. Gurame seberat tujuh ons ini diberi irisan cabai rawit untuk menyeimbangkan rasa asam dan manis sausnya. Dagingnya amat empuk dengan bagian ekor yang garing renyah. Tak ada jejak amis atau bau lumpur yang biasa ditemukan pada gurame kebanyakan.

Adapun masakan berbahan daging sapi juga bermacam pilihannya. Bistik sapi, sapi lada hitam, iga bakar, dan sup iga sapi contohnya. Kailan polos dan brokoli saus tiram adalah beberapa hidangan sayuran. Untuk sayur, KORAN SINDO merekomendasikan genjer terasi. Aroma terasi yang berpadu dengan renyahnya genjer dan asam dari tomat serta kenyalnya udang, wajib dicoba.

Di jajaran menu ala Oriental Bakoel Bebek menawarkan tahu claypot, puyung hai, mi goreng ala Bakoel Bebek, kwetiau goreng, bihun goreng, ifu mi, dan lo mi. Sambil menunggu pesanan datang, pengunjung bisa mengambil kerupuk gratis dari stoples yang terletak di sudut ruangan.

Setelah bersantap, seimbangkan kebutuhan nutrisi Anda dengan vege duck alias caisim yang diblender dengan jeruk. Restoran dengan kesan homey dan chic serta tampilan bata ekspos dan kursi-kursi berwarna putih ini beroperasi pukul 10.00-21.15 (last order).

Sebagai gambaran, untuk dua orang rata-rata menghabiskan total Rp200.000. Layanan pesan antar minimal pesanan sebesar Rp100.000 dan hanya melayani wilayah Jakarta Selatan.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5738 seconds (0.1#10.140)