Ada Salju di Lautan Benua Pasifik

Selasa, 07 April 2015 - 13:25 WIB
Ada Salju di Lautan Benua Pasifik
Ada Salju di Lautan Benua Pasifik
A A A
PASIFIK - Baru-baru ini dikabarkan terdapat salju di lautan Benua Pasifik. Namun, salju ini berbeda dengan salju di daratan.

Dilansir dari Marinelife, Salju-salju ini merupakan limbah dari hewan dan tumbuhan yang mati dan membusuk yang berada di dekat permukaan laut. Puing-puing tersebut kemudian jatuh ke dasar laut dan biasa dikenal sebagai salju laut.

Kotoran, pasir, jelaga dan debu anorganik lainnya juga termasuk dalam salju laut. Menariknya, jatuhnya puing-puing biologis ini ke dasar laut terlihat seperti butiran salju putih.

Bahkan beberapa wisatawan dan ilmuwan yang kagum atas momen ini sempat mengabadikan kejadian ini dengan kamera underwaternya.

Ilmuwan NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), mengatakan bahwa hujan salju laut ini akan terjadi terus-menerus. Sebab, salju itu sekaligus menjadi penyedia makanan banyak bagi makhluk di dasar laut.

Selain itu, salju laut ini juga dapat menyimpan karbon dengan cara mengurangi konsentrasi karbon di atmosfer bumi dan dapat mengurangi ancaman peningkatan keasaman laut. Anda dapat menjumpai salju yang besarnya lebih dari 0,5 mm ini di kedalaman 3.000 meter di bawah laut.

Sedangkan di Indonesia, fenomena serupa bisa dijumpai di barat Samudra Pasifik bertempat di Laut Sulawesi yang dibatasi oleh kepulauan Sulu dan Pulau Mindanao.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5620 seconds (0.1#10.140)