Seruput Nikmat Teh Talua

Rabu, 08 April 2015 - 10:13 WIB
Seruput Nikmat Teh Talua
Seruput Nikmat Teh Talua
A A A
TEH aneka rasa buah pastinya sudah sering Anda dengar. Namun, pernahkah mencicipi teh talua?

Teh talua atau teh telur merupakan minuman khas Sumatera Barat. Minuman ini mudah ditemukan di warung ataupun restoran Padang. Ini adalah teh yang dicampur dengan kuning telur ayam kampung atau bebek, susu, serta ditambah gula, dan sedikit perasan jeruk nipis. Teh talua terdiri atas tiga lapis, yakni lapisan kecokelatan, putih, dan busa.

Cara membuatnya dengan mengaduk kuning telur dengan gula hingga berbusa. Lalu ditambahkan seduhan air teh dan susu kental manis. Sementara itu, untuk menghilangkan bau amis, bisa ditambah dengan sedikit perasan jeruk nipis. Jika dibuat dengan komposisi tepat, teh talua tidak akan berbau amis.

Malah sedap diseruput. Menurut cerita rakyat masyarakat Minang, konon teh talua dikenal dengan teh untuk para kaum berada atau bangsawan. Namun sekarang, semua orang dapat menikmatinya. Bahkan para petani yang hendak meladang biasanya mengonsumsi minuman ini dahulu sebagai penambah stamina kerja. Ya, teh talua biasa diminum sebelum melakukan kegiatan karena dipercaya bisa memberikan kebugaran bagi tubuh.

Di samping juga enak dinikmati saat berkumpul bersama kawan-kawan atau keluarga sambil ditemani kudapan favorit. Tampilan minuman ini sekilas mirip capuccino latte . Hanya, teh talua meliputi tiga lapis warna. Bagi para pencinta minuman jamu penambah stamina, teh talua sangat cocok dijadikan salah satu menu jamu.

(sri noviarni)
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5321 seconds (0.1#10.140)