Masakan Minang Gaya Modern

Rabu, 08 April 2015 - 10:13 WIB
Masakan Minang Gaya Modern
Masakan Minang Gaya Modern
A A A
RAJA Rempah mengajak Anda merasakan masakan asal Sumatera Barat nan kaya rempah. Berbalut gaya modern, ragam sajian tradisionalnya bakal membuat lidah bergoyang.

Selamat datang di Raja Rempah. Dari namanya saja sudah bisa ditebak, masakan yang ditawarkan pastilah kaya rempah. Kalau sudah bicara soal masakan jenis ini, pastilah mengacu ke masakan asal Sumatera Barat. Persis, itulah yang ditawarkan oleh restoran yang beroperasi sejak Oktober tahun silam.

Mengangkat khazanah kuliner ranah Minang, bukan berarti restoran ini sama dengan restoran Padang umumnya. Tidak ada pemandangan si uda yang dengan cekatan membawa piring hingga penuh kedua tangannya. Melainkan Anda akan disodori buku menu. ”Masakannya sama dengan restoran Padang lain, tapi di sini lebih menekankan kepada nasi rames atau menu paket,” kata Manager Raja Rempah M Said.

Tidak mahal kok untuk menu paket yang dijual. Kisarannya antara Rp37.000-Rp51.000. Paketan sudah termasuk nasi, sayur, sambal, lauk (daging, ayam, seafood ), dan minuman. Family package cocok bagi mereka yang datang bersama keluarga. Terdiri atas empat nasi putih, sayur, sambal, empat macam main course , satu buah potong, dan dua sarikaya ketan. Paket ini terutama laris pada akhir pekan. Bertempat di Cilandak Town Square, ada banyak pilihan lauk yang bisa dinikmati.

Daging rendang, dendeng, gulai otak, gulai kikil, sambal goreng ati, sambal goreng udang, gulai nangka, daun singkong, ikan asam pedas, dan masih banyak lagi deretan menu yang ada. Gulai kepala kakap diklaim Said paling banyak dicari pengunjung. Kepala kakap berukuran besar bertabur cabai rawit dan berwarna kuning ini memang membuat selera terbit. Rasanya pedas, tapi masih dalam skala bersahabat. Jadi, dapat diterima seluruh lidah. Ikan asam pedasnya juga yahud.

Menggunakan ikan tenggiri dengan warna kuah kemerahan. Rasanya memang pedas asam. Asamnya didapat dari asam kandis, rempah yang biasa dimanfaatkan untuk membuat masakan khas Sumatera Barat, seperti rendang atau gulai. Rasa makanan pun bertambah sedap. Biasanya, asam kandis dimasukkan dalam bentuk utuh ke dalam masakan ataupun dihaluskan bersama bumbu masakan lain.

Bergeser ke minuman, Anda bisa mencicipi kenikmatan jus durian. Tapi kalau menurut Anda terlalu ”berat”, jus campur bisa dipilih. Racikan tiga macam buahnya akan menyeimbangkan kegiatan bersantap pada hari itu. Jus rasa lain pun tersedia. Tinggal simak di daftar menu. Sehabis makan, tidak perlu terburu-buru beranjak pergi. Seperti restoran lainnya di kawasan Cilandak Town Square, tempat ini juga oke untuk bersantai. Terlebih sambil menyantap makanan ringan yang ada.

Ya, meski mengadopsi makanan Minang, tidak berarti hanya makanan utama yang tersedia. Ada Happy Hour yang bisa dimanfaatkan. Pada pukul 15.00-17.00 dan 21.00-tutup, pengunjung dapat menikmati camilan ditemani minuman. Happy Talua misalnya, menawarkan kopi atau teh talua dan ketan sarikaya. Sementara Happy Dip mencakup kopi susu tetes dan pisang goreng. Kudapan lainnya, ada pisang rebus, pisang bakar, dan roti sarikaya.

Jadi, jangan lupa memesan penganan tradisional ini sebagai menu penutup. Makanan dimulai dari harga Rp11.000 hingga Rp24.000. Sementara minuman Rp7.000- Rp36.000. Masakan Minang indak ado duonyo , tidak percaya? Silakan membuktikan sendiri di Raja Rempah.

Sri noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8912 seconds (0.1#10.140)
pixels