Cara Mencegah Keracunan Makanan

Kamis, 09 April 2015 - 10:17 WIB
Cara Mencegah Keracunan Makanan
Cara Mencegah Keracunan Makanan
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data WHO, lebih dari 200 penyakit ditularkan melalui makanan, mulai dari diare hingga kanker. Penyakit ini pun dapat menyebabkan infeksi atau keracunan sepanjang hidup.

"5 miliar penyakit diare terjadi pada anak usia 5 tahun setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, 3,2 miliar kasus terjadi di Asia Tenggara," tulis WHO.

Untuk mencegah risiko keracunan, berikut cara mudah untuk menjaga keamanan pangan Anda yang dikutip dari Unilever Food Solution.

1. Menjaga kebersihan
Untuk tetap menjaga kebersihan, dianjurkan untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun. Seperti setelah ke toilet, setelah istirahat, setelah menyentuh uang, sebelum dan setelah menyajikan makanan, setelah batuk, bersin, makan atau minum, setelah menyentuh sampah dan setelah mengosongkan piring, membersihkan meja atau sisa makanan.

2. Pisahkan pangan mentah dan matang
Daging, ikan dan unggas mentah yang tidak dipisahkan dapat menyebabkan kontaminasi makanan. Karena itu, makanan matang dan mentah wajib untuk dipisahkan. Penggunaan peralatan yang tidak bersih dan tidak adanya serbet dapat menimbulkan banyak bakteri penyebab sakit.

3. Masaklah dengan benar
Jagalah makanan panas agar tetap panas dan makanan dingin tetap dingin. Sebab, proses memasak yang benar sangatlah diperlukan. Masak dan simpanlah makanan dalam kumpulan kecil, sehingga makanan dapat dikonsumsi dibawah 2 jam. Hindari mencampur makanan yang dipersiapkan secara segar dengan makanan yang sedang disimpan.

4. Jagalah pangan pada suhu aman
Daging beku harus disimpan pada suhu kurang dari -12 derajat celsius. Sedangkan untuk produk susu dan bahan lainnya dapat disimpan pada suhu kurang dari 5 derajat celsius. Hal tersebut perlu dilakukan karena untuk menghindari mikrobakteria.

5. Gunakan air dan bahan baku yang aman

Air yang mengalir sangat disarankan untuk mencuci sayur atau buah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4030 seconds (0.1#10.140)