Perawatan Wajah dengan Masker Kertas

Jum'at, 10 April 2015 - 08:59 WIB
Perawatan Wajah dengan Masker Kertas
Perawatan Wajah dengan Masker Kertas
A A A
Menurut Debbie Palmer, seorang dermatologis asal New York, dilansir dari Womenshealthmag.com , masker kertas terbuat dari katun tipis yang dibasahi dengan cairan formula yang berfungsi melembapkan, mencerahkan, dan mengatasi garis-garis halus di wajah.

Cairan tersebut bisa berupa pelembap berbentuk cairan, minyak esensial, jus sayuran atau buah-buahan, air murni (H2O) yang dapat menyegarkan kulit lelah, air dingin yang dapat mengecilkan pori-pori, susu murni yang dapat mengangkat kotoran, menghaluskan kulit, dan mencerahkan warna kulit, serta serum khusus untuk wajah.

“Masker kertas juga mengandung banyak vitamin, asam amino, dan mineral sehingga tidak akan membuat kulit menjadi kering seperti formula masker clay,” tutur Debbie Palmer. Debbie Palmer merekomendasikan untuk menggunakan masker kertas hanya sekali dalam seminggu. “Pasien saya lebih senang menggunakan serum tiap hari karena masker kertas lebih mewah. Jika menggunakannya tiap hari, masker tersebut sangatlah mahal,” kata Palmer.

Dia lebih menyarankan untuk menggunakan serum tiap hari dan menggunakan masker kertas sesekali sebagai perawatan tambahan untuk mendapatkan kulit bercahaya. Meskipun belum ada studi klinis yang membuktikan apakah masker kertas dapat menembus kulit lebih baik daripada serum, menurut Palmer, menggunakan masker kertas di kulit dapat meningkatkan kadar air dan menurunkan penguapan air dari kulit.

Jika kulit cenderung berminyak dan berjerawat, dermatologis ini menyarankan untuk menguji masker di bagian wajah, tepatnya di bagian sisi dari pipi. Periksa setelah mencobanya, apakah ada bercak atau noda yang timbul. Jika tidak ada, maka dapat menggunakan masker kertas secara keseluruhan.

Biasanya masker kertas tersedia dalam satu ukuran, dan tidak semua orang memiliki ukuran wajah yang sama. Untuk menutupi semua bagian wajah, Palmer menyarankan untuk memulainya dari salah satu bagian ujung wajah. “Mulailah dari dahi dan lanjutkan ke mata sehingga Anda tidak mendapatkan kantong udara. Tekan dan tepuk-tepuk masker kertas di pipi, gerakan ke bawah hingga area dagu,” kata Palmer.

Masker kertas telah menjadi masker yang higienis, tidak seperti masker tradisional yang mengharuskan mencuci tangan setelah menggunakannya. Setiap orang hanya perlu menempelkan masker ini di wajah dan diamkan. Setelah mengangkat masker kertas ini dari wajah, setiap orang bahkan dapat menggunakan serum sebagai pelembap wajah pada hari itu juga.

“Di Asia, masker kertas sudah umum, namun di Amerika, hal ini masih jarang. Menggunakan masker kertas memang terlihat sedikit menakutkan karena akan terlihat menutupi wajah layaknya Phantom of the Opera ,” tutur Lisa Niven, beauty editor, dilansir dari Vogue.co.uk.

Saat ini, sejumlah brand besar mulai memproduksi masker kertas, di antaranya Dolce & Gabbana melalui Dolce & Gabbana Aurealux. Meskipun harga masker kertas ini cukup mahal, kandungan formula di dalamnya benar-benar istimewa, yaitu sericin sutra emas, ekstrak minyak zaitun Italia, dan vitamin B3 untuk membuat kulit lembut dan bercahaya.

Dwi nur ratnaningsih
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3119 seconds (0.1#10.140)