Kanker pada Anak Masih Dapat Sembuhkan

Jum'at, 10 April 2015 - 09:03 WIB
Kanker pada Anak Masih Dapat Sembuhkan
Kanker pada Anak Masih Dapat Sembuhkan
A A A
JAKARTA - Penyakit kanker masih menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Sebab, penyakit tersebut tidak mengenal batasan usia, orangtua maupun anak-anak dapat terserang.

Pendiri Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Ira Soelistyo mengungkapkan, kanker pada anak dapat diupayakan sembuh.

"Kanker pada anak dapat sembuh. Beda sama dewasa. Asal terdeteksi secara dini dan segera diobati dan dirawat sebaik-baiknya," papar Ira di Kawasan Kemang, Jakarta.

Lebih lanjut Ira menjelaskan, kanker pada anak merupakan masalah yang kompleks. Sebab, perawatan atau pengobatannya melibatkan selain orangtua, tenaga profesional, tak kalah penting adalah keluarga, sekolah serta lingkungan juga sangat berperan.

"Ada anak yang menderita kanker tapi telat diobati. Dianggap itu tanda biasa oleh keluarganya. Padahal sudah harus diangkat sama dokter tapi sayangnya keluarga nggak mau dan malah dikasih darah ayam. Akhirnya telat semuanya. Jadi anak yang terkena kanker berpengaruh ke keluarga juga," ucapnya.

Menurut Ira, proses pengobatan anak penderita kanker akan mengalami kondisi rentan atau imunitas menurun, sehingga membutuhkan penanganan tepat. Pengobatan dan perawatan yang berkesinambungan, baik rawat inap maupun rawat jalan, akan sangat menentukan keberhasilan pengobatan bagi kesembuhannya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0149 seconds (0.1#10.140)