Sehat Segar Masakan Vietnam

Jum'at, 17 April 2015 - 08:34 WIB
Sehat Segar Masakan Vietnam
Sehat Segar Masakan Vietnam
A A A
Masakan Vietnam memiliki rasa yang ringan dengan keseimbangan antara sayuran segar dan daging, termasuk bumbu yang digunakan untuk mencapai cita rasa yang lezat.

Bagi Anda yang masih merasa asing dengan hidangan asal Vietnam, tak ada salahnya kini berkenalan lebih jauh. Pasalnya, hidangan Vietnam juga terkenal sehat dan segar. Sayang kalau dilewatkan. Keunikan masakan asal negara tersebut tidak hanya itu. Masakan Vietnam juga dipengaruhi faktor geografis.

Vietnam bagian utara misalnya, lazim menggunakan kecap, kecap ikan, saus udang, serta banyak menghidangkan makanan yang digoreng. Bagian utara ini juga amat jarang mengolah makanan berbahan daging, ikan, sayuran, serta menggunakan lada hitam untuk menghasilkan rasa pedas ketimbang cabai. Rasa yang dihasilkan kurang manis, malah lebih asin ketimbang daerah lain.

Sementara di bagian tengah atau pusat Vietnam lebih berani menggunakan bumbu. Kuliner asal daerah ini dipengaruhi hidangan kerajaan yang merupakan jamuan bagi raja dan ratu sehingga porsi makanan bukan prioritas, melainkan kualitas yang ditonjolkan. Adapun, Vietnam bagian selatan dipengaruhi oleh masakan Kamboja, Thailand, dan China.

Masyarakat di bagian Selatan cenderung menyukai rasa manis dengan penggunaan gula atau santan serta pedas dari cabai. Seafood merupakan keahlian masyarakat daerah ini menggunakan metode memasak yang mudah. Ketiga macam rasa dari Vietnam tersebut bisa Anda rasakan dalam petualangan kuliner Vietnam di Cafe Gran Via Hotel Gran Melia, Jakarta, 13–22 April.

Tak tanggung-tanggung, untuk menjaga keaslian rasa, hotel ini memboyong Nguyen Hoang Hai dan Nguyen Hong Lan dari Melia Hanoi. ”Untuk bahan-bahan ada beberapa yang dibawa dari Vietnam, seperti herb, rice paper, daun laksa, lotus steam, lotus seed,” kata Hong Lan. Dia menambahkan, pho merupakan makanan populer yang wajib dicoba. ”Pho biasa dimakan untuk sarapan atau pada waktu malam,” katanya. Sup dengan bihun ini sebenarnya memiliki lebih dari 20 variasi.

Namun, untuk kuahnya tetap menggunakan kaldu sapi atau kaldu ayam. Karakteristik sup bening ini ialah manis, dengan mi yang lembut tapi tidak hancur, serta aroma daging yang juga manis lagi empuk. Kuahnya bening tak ada jejak minyak namun rasanya tetap gurih.

”Apalagi, kalau dimakan musim dingin atau hujan, semangkuk phohangat dengan aromanya yang khas dapat membuat tamu merasakan hidangan spesial dari Hanoi ini lebih nikmat,” ujar Ratna Sjamsiar Idria selaku Director Of Marketing & Communications Gran Melia Jakarta. Pada promo hidangan Vietnam tersebut pengunjung bisa menikmati live cookingdi noodle stadion,termasuk barbeque, dan aneka masakan Vietnam, seperti cha ca, rau mong, nem ran, banh khot.

Nem ranmerupakan appetizeryang menyegarkan. Penganan yang biasa disebut Vietnam spring rollini merupakan makanan pinggir jalan yang populer dan amat mudah ditemukan di sana. Untuk isian tergantung dari masingmasing daerah di negara itu. Namun, biasanya berisi kepiting, udang, jamur, bebek/ayam, dan bumbu yang berbeda.

Sementara rau mongmerupakan sayuran segar yang kaya akan vitamin A dan memiliki aroma jahe serta menggunakan kunyit. Cha ca la vongadalah menu lain, merupakan masakan yang populer di Hanoi. Tak heran nama masakan ini sekaligus menjadi nama sebuah jalan di ibu kota Vietnam itu. Untuk kudapan cha giopatut dicicipi.

Gorengan renyah semacam risol berisi daging dengan kuah yang asam segar. Sementara itu, nom ngo senbisa dinikmati sebagai salad untuk menu pembuka. Udang pancet yang ditata apik mengelilingi salad ini makin menerbitkan selera. Udangnya masih segar dan kenyal berwarna merah keputihan. Untuk saladnya sendiri meliputi lotua steam, kecombrang, dan sayuran lain.

Tak seperti salad asal Thailand yang asam, salad ini justru manis segar. Grilled minced beef in betel leafmengenalkan pengunjung terhadap hidangan daging yang dibalut daun sirih. Penganan ini dibakar dahulu sebelum dinikmati. Tak ada rasa getir dari sirih, setelah dibakar malah membuat ketagihan makan menu ini. Untuk dessert,ada banh khotyang berasal dari bagian selatan.

Pancake mini asin yang biasanya disajikan dengan sayuran dan saus asam atau manis. Kunci kelezatan makanan ini terletak pada kesegaran bahan yang digunakan, seperti udang segar berikut sayuran. Banh comatau ketan, permen kacang, dan sup labi dengan santan bakal menjadi penutup yang berkesan. Menu Vietnam yang ditampilkan akan dirotasi setiap harinya. Di samping menu ini, pengunjung juga bisa menikmati masakan Indonesia, Jepang, China, India, dan Eropa.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5879 seconds (0.1#10.140)