Mi Klasik Asal Vietnam

Jum'at, 17 April 2015 - 08:34 WIB
Mi Klasik Asal Vietnam
Mi Klasik Asal Vietnam
A A A
Kuahnya segar dengan harum aroma kemangi dan kenyalnya mi ala Vietnam bersanding dengan daging sapi yang empuk manis. Itulah pho, masakan klasik dari Vietnam yang amat populer hingga ke mancanegara.

Dengan bahan utama mi dari bahan beras atau kwetiau ditambah dengan taoge dan kemangi serta kuah kaldu yang hangat membuat siapa pun sulit menolak hidangan satu ini. Masakan mi daging sapi ini berasal dari Hanoi dan menyebar hingga ke kota Ho Chi Minh dan penjuru dunia. Mi yang digunakan dalam masakan ini disebut banh phoyang terbuat dari tepung beras.

Setelah mi dan taoge diletakkan di dalam mangkuk, di atasnya diberi irisan daging ayam atau irisan tipis daging sapi. Tidak hanya disajikan matang, daging juga bisa disajikan mentah sesuai selera. Bila irisan daging sapi mentah yang digunakan, siraman kuah panas membuat irisan daging menjadi matang. Sebelum dihidangkan, di atas mi ditaburkan irisan daun bawang, daun ketumbar, atau bawang bombai sebagai penyedap.

Kuah dibuat dengan cara menggodok potongan besar daging sapi, tulang sapi, atau buntut sapi dengan perlahan hingga didapat kaldu yang kental, tapi bening. Proses pembuatan kuah untuk pho bisa berlangsung berjam-jam hingga sehari semalam. Rempah-rempah untuk kaldu ini terdiri atas jahe, kayu manis, dan bunga lawang. Phosering dihidangkan bersama cakwe dan dinikmati dengan tambahan sambal botol, kecap ikan, cuka, atau perasan jeruk limau.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3351 seconds (0.1#10.140)