ASI Cegah Anak Terkena Alergi

Selasa, 21 April 2015 - 14:10 WIB
ASI Cegah Anak Terkena Alergi
ASI Cegah Anak Terkena Alergi
A A A
JAKARTA - Alergi dapat muncul sejak anak masih menyusui. Anak yang mengalami alergi harus segera ditangani. Sebab, alergi dapat menghambat tumbuh kembang anak.

Namun, alergi bisa dicegah. Dokter Spesialis Anak sekaligus Ketua Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM Zakiudin Munasir mengatakan, pencegahan alegi yang utama pada anak, pemberian air susu ibu (ASI) selama 6 bulan pertama. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang sudah mencakup gizi seimbang.

“ASI pada anak bermanfaat sebagai antibodi sehingga mencegah alergi,” papar Zakiudin di Kawasan Kuningan, Jakarta.

Penundaan pemberian makanan padat dapat menimbulkan alergi tersebut. Pengenalan makanan padat dapat dilakukan pada usia 6 bulan. Selain itu, pencegahan alergi juga bisa dilakukan dengan menghindari paparan asap rokok saat hamil maupun saat bayi telah lahir.

"Alergi harus dikenali sejak dini meski pada alergi makanan biasanya akan hilang setelah anak berusia 5 tahun. Namun, ada beberapa alergi yang bertahan hingga anak dewasa seperti alergi udang dan kacang," ujar Dokter Spesialis Anak yang juga Ketua Unit Kerja Koordinasi Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia Prof. DR. Dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K), M.Kes.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9569 seconds (0.1#10.140)