Beradu Irit ala Picanto

Kamis, 23 April 2015 - 08:54 WIB
Beradu Irit ala Picanto
Beradu Irit ala Picanto
A A A
MOBIL KIA Picanto ternyata memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang baik. Ini dibuktikan saat komunitas Picanto Club Indonesia (PiCA) beradu irit bahan bakar di ajang Picanto Gue Irit Lho , Minggu (19/4) lalu.

Marthalina, wanita berusia 29 tahun, dan anggota PiCA dengan nomor urut 0257 ini, tidak bisa menahan rasa gembiranya ketika diumumkan sebagai pemenang lomba Picanto Gue Irit Lho kategori transmisi automatic di Jungle Land, Bogor, Jawa Barat.

Martha, panggilan akrab Marthalina, berhasil membawa KIA Picanto kesayangannya dengan konsumsi BBM di angka 17,88 kilometer per liter. Atas keberhasilannya, Martha membawa pulang uang tunai Rp5 juta. “Mau married (nikah) bulan depan. Lumayan buat nambahnambah ,” ujar Martha berseri-seri.

Martha mengaku tidak punya trik khusus untuk memaksa mobilnya irit BBM. Dia hanya menjaga kecepatan mobil konstan di angka 60-70 kilometer per jam. Selain itu, sejak start di KIA Sunter Gading menuju Sentul City, dia menjaga putaran mesin di kitiran 2.000 RPM. “Enggak lebih dari 2.000 dan AC juga tetap menyala,” ucapnya.

Angka 17,88 kilometer per liter bukan hal yang mengejutkan bagi Martha. Sebab, menurut dia, angka yang lebih baik lagi pernah diraihnya. Menurut Martha, hal ini mudah dilakukan, selain karena mesin KIA mudah untuk diajak irit bahan bakar, kondisi mobil juga selalu dijaga “kesehatannya”. “Picanto saya masih standar, enggak ada modif-modif. Perawatan standar setiap 10.000 km, saya cek ke bengkel,” ucapnya.

Jika Martha berhasil jadi yang terbaik di kategori automatic , maka Tommy Hernadi, anggota PiCA dari chapter Bandung, jadi yang terbaik di kategori manual. Mobil KIA Picanto milik Tommy berhasil mencatatkan angka 19,67 km/liter. Direktur Marketing KMI Hartanto Sukmono mengatakan hasil yang diperoleh di ajang Picanto Gue Irit Lho sangat mengejutkan buat KMI.

Sebab, hasil ini lebih baik daripada hasil pengujian yang dilakukan KMI sepuluh hari sebelumnya. Diketahui, hasil uji KMI pada Picanto menghasilkan angka 19,35 kpl untuk M/T dan 17,51 kpl di A/T. Pengetesan dilakukan pada mobil standar menggunakan rute perjalanan di hari kerja, melewati kombinasi jalan umum dan tol. Hartanto menyimpulkan banyak sekali faktor yang memengaruhi keiritan bahan bakar.

“Hasil efisiensi bahan bakar sangat dipengaruhi cara mengemudi, paling boros di lomba ini M/T 11,38 kpl dan 10,24 kpl untuk A/T,” kata Hartanto. Hartanto mengaku senang kegiatan Picanto Gue Irit Lho berhasil meraih hasil yang maksimal. Sebab, menurut dia, acara ini bisa menunjukkan kelebihan yang dimiliki KIA Picanto.

“Kami sangat senang dapat mengadakan kegiatan seperti ini bersama dengan komunitas Picanto Club Indonesia. Kami berharap kegiatan lomba irit BBM ini dapat memfasilitasi para anggota PiCA untuk menunjukkan kelebihan dan keiritan All New Picanto.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif kepada para pengguna Kia All New Picanto, terutama komunitas PiCA, dalam mendapatkan pengetahuan tentang cara mengemudi yang aman dan efisien,” sebutnya.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8314 seconds (0.1#10.140)