Kolaborasi Batik Modern

Jum'at, 24 April 2015 - 08:47 WIB
Kolaborasi Batik Modern
Kolaborasi Batik Modern
A A A
TIGA label Indonesia dengan kemasan kolaboratif hadir di catwalk gelaran Fashion Nation Mall Senayan City.

Mengusung keindahan batik dengan nuansa modern, label Ikat Indonesia dari desainer Didiet Maulana, Tik Prive dengan desainer Iwet Ramadhan, dan Purana dari Nonita Respati tampil memikat. Menggunakan motif kawung sebagai ide dasar di koleksi bertema “Simplicity of Kamung”, label Tik Prive menyuguhkan sisi dinamis dan trendi penggunaan busana batik menjadi sesuatu yang santai dipakai sehari-hari.

Untuk koleksi ini, Tik Prive berkolaborasi dengan Jonatan Taufik dari Batik Tulen yang membuat kerajinan batik di Garut. “Kawung diinterpretasikan menjadi sesuatu yang tetap sederhana dan sangat wearable ,” tutur Iwet Ramadhan. Kawung sebagai motif utama highlight di koleksi merupakan motif lama dengan makna kesempurnaan diaplikasikan ke dalam busana pria dan wanita yang fashionable, tapi tetap menghargai kain tradisional Indonesia.

Busana pria mewujud dalam potongan kemeja, celana pendek, dan celana panjang penerapan aksen batik di depan ataupun samping. Adapun, busana perempuan tampil dalam dress medium serta padu padan atasan dan midi skirt . Selanjutnya dari Ikat Indonesia, ada deretan baju yang juga tampil sangat youthful kali ini terinspirasi dari kesederhanaan dan keseharian seorang individu dalam berpakaian.

Koleksi pria muncul dalam bentuk jaket, kemeja yang memunculkan detail ikat. Begitu juga pada busana wanita tampil dress lengan pendek, padanan bentuk kemben, jaket, dan rok pensil di 12 set busana. “Saya pilih warna alam dan cenderung cerah sehingga membumi, seperti hijau, abu-abu, hitam, putih,” kata Didiet. Terakhir ada penampilan dari label Purana by Nonita Respati yang baru pertama kalinya berkolaborasi dengan Senayan City.

“Saya senang sekali bisa berpartisipasi. Di sini, kami tidak hanya diberikan panggung, tapi pihak Senayan City juga mendukung desainer untuk berkarya memeriahkan industri fashion dengan menyiapkan gerainya,” ungkap Nonita. Kreasi batik di label Purana muncul dalam busana berbahan lembut seperti sutera.

Batik cenderung didesain dengan modern diaplikasikan dalam nuansa cerah. Sebutlah palet seperti kuning, merah keunguan, biru, pink menggunakan teknik tie dye untuk potongan celana jaipur .

(dyah ayu pamela)
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3496 seconds (0.1#10.140)