10 Taman Langit Cantik di Dunia

Jum'at, 24 April 2015 - 08:51 WIB
10  Taman Langit Cantik di Dunia
10 Taman Langit Cantik di Dunia
A A A
GEDUNG-GEDUNG tinggi beratap tanaman hijau nan indah. Inilah taman langit, sekaligus hutan kota yang layak dikunjungi jika tengah pelesir ke negeri orang.

Awal tahun ini taman teduh di London yang diberi nama “Walkie Talkie” Sky Garden menjadi berita utama di hampir semua media massa setelah dikukuhkan sebagai taman tertinggi di Eropa. Sudut pandangnya yang fantastis, mencapai 170 meter di atas kota, menjadikannya sangat menakjubkan. Selain “Walkie Talkie” Sky Garden, ada lagi sepuluh kebun langit berdaun hijau yang layak diintip. Berikut kutipannya CNN Travel.

01. ACROS (FUKUOKA, JEPANG)

Dibangun tinggi menjulang seperti piramida Inca di luar pusat kota Fukuoka, bangunan berlantai 14 ini dibangun oleh arsitektur Argentina Emilio Ambasz. Setiap tingkat memperlihatkan keajaiban alam seperti yang ada di hutan, mulai kolam yang mengkilap hingga air terjun. Bangunan ini memiliki lebih dari 50.000 tanaman dan pohon.

02. Kaiser Roof Garden (Oakland, California)

Pengusaha industri Edgar Kaiser sebenarnya meletakkan “taman” di parkir mobil , atau lebih tepatnya, di atasnya. Di sini fitur air seperti danau kecil dengan air mancur dan jembatan kayu bisa ditemukan. Taman ini dibangun pada 1960-an dan memiliki luas 14.100 meter persegi.

03. High Line Park (New York)

Taman ini berada di sepanjang bagian dari kereta api New York West Line, dan digunakan kembali pada 2006 lalu, dan membawa pejalan kaki dan yang suka berlari sepanjang 2,3 kilometer dari Meatpacking District, di Chelsea, ke West Side Yard. Taman ini memberikan penghormatan kepada flora liar yang berkolonisasi setelah sempat ditelantarkan pada 1980-an.

04. Rockefeller Center Roof Gardens (New York)


Taman ini menawarkan pemandangan di atas bangunan Fifth Avenue dan gereja katedral St Patrick. Taman buatan ini langsung terkenal berkat film Spiderman (2002) dan Fantastic Four (2005). Taman ini dibuka pada tahun 1935 silam dan memiliki lima teras bertingkat yang didesain arsitek lanskap Ralph Hancock.

05. Namba Parks (Osaka, Jepang)


Untuk menuju bangunan ini, pengunjung harus naik ke atas secara bertahap, memilih jalan melalui jalur batu dan semak, di atas sungai dan di bawah air terjun, dan harus berhati-hati agar tidak terjatuh ke dalam jurang di bawahnya. Setelah sampai di atas, semua terbayar dengan pemandangan yang mengagumkan. Di sini tidak ada pegunungan, tidak ada sungai atau air terjun. Ini adalah Namba Parks, pusat perbelanjaan di tengah-tengah Osaka, kota terbesar kedua di Jepang.

06. Kensington Roof Gardens (London, Inggris)

Dibuat oleh desainer lanskap Welsh Ralph Hancock dari tahun 1936-1938, taman seluas 6.000 meter persegi ini dipenuhi dengan air mancur, daun kelapa dan pakis, bunga, dan bahkan flamingo. Hancock pun langsung mengimpor bebatuan dari Pennsylvania dan menanam 500 spesies tanaman untuk mengisi tiga kebun yang bertemakan Spanyol, Tudor, dan Inggris. Tujuh dari pohon asli bertahan hidup sampai hari ini.

07. Barbican Conservatory (London, Inggris)

Barbican di London adalah rumah bagi pusat seni terbesar di Eropa, yang berisi gedung konser, teater dan galeri terkenal untuk menampilkan budaya kontemporer yang terbaik. Bangunan paling atas adalah konservatorium yang sayangnya tak terlalu dikenal banyak orang. Dipisahkan oleh dua tingkat, ini adalah rumah kaca terbesar kedua di London, setelah Kew Gardens, dan cagar alam bagi lebih dari 2.000 varietas tanaman tropis dan hewan eksotis, seperti terrapins dan ikan koi.

08. Gardens by the Bay (Singapura)


Kita semua telah mendengar tentang taman kota, tapi bagaimana dengan sebuah kota dalam taman? Inilah persis yang dijanjikan Singapura yang dibuka pada 2012 lalu. Semacam hortikultura bertema taman, daya tarik tempat ini adalah Cloud Forest, salah satu dari dua konservatori besar yang mendominasi tepi Waduk air Marina Singapura.

09. Torre Guinigi (Lucca, Italia)

Meskipun tempat ini adalah rumah komposer opera Puccini, Lucca adalah bintang tanpa tanda jasa dari Kota Tuscan, dibayangi oleh keagungan Renaisans, Florence, dan kesempurnaan Palio pada abad pertengahan Siena.

10. Waldspirale (Darmstadt, Jerman)

Taman di atas ini memang begitu berbeda. Taman berbentuk “U” ini bangunan atasnya dipenuhi dengan semak-semak, rumput dan penyewa pohon (yang biasa disebut Hundertwasser) karena bangunan spiral 12 lantai ini terhubung ke sebuah kafe tempat pengunjung dapat mencicipi Weissbier dan mengagumi lingkungan yang unik.

Susi susanti
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6803 seconds (0.1#10.140)