Sensasi Sajian Barat dan Nusantara yang Menggoda di Novotel Tangerang

Jum'at, 24 April 2015 - 19:04 WIB
Sensasi Sajian Barat dan Nusantara yang Menggoda di Novotel Tangerang
Sensasi Sajian Barat dan Nusantara yang Menggoda di Novotel Tangerang
A A A
TANGERANG - Masakan Nusantara kini tampaknya tak kalah unggul dengan masakan dari berbagai negara lainnya. Berbagai restoran pun kerap menghadirkan masakan Nusantara dengan berbagai inovasi yang menggugah selera.

Seperti halnya restoran milik hotel Novotel Tangerang, The Square. Para chef di The Square menyajikan berbagai pilihan sajian Nusantara dan Internasional yang keduanya kerap menjadi favorit pengunjung.

"(Peminat masakan Nusantara dengan Internasional) average ya, hampir sama. Masakan lokal itu kita harus dimulai dari gaya masak rumahan, jadi kita memang benar-benar harus mendalami rempah-rempah Indonesia, yang mungkin sedikit beda dengan rempah-rempah ala Western. Kalau rempah-rempah Indonesia kita harus benar-benar berani, dan proses masaknya itu harus benar-benar sabar. Masakan Indonesia itu nggak bisa diburu-buru. Jangan sampai ada salah satu rempah yang nggak ada, itu kita paksain. Nanti hasilnya pasti akan menghilangkan signature lokal itu sendiri," ujar Chef Mawan Haryanto, Soes Chef di The Square, saat ditemui di Novotel Tangerang, Rabu (22/4/2015).

1. Spiced Barbeque Beef Ribs

Spiced Barbeque Beef Ribs Novotel Tangerang
Spiced Barbeque Beef Ribs ini adalah salah satu sajian unggulan di The Square Novotel Tangerang.

Chef Mawan juga berbagi cerita mengenai sajian yang menjadi signature The Square sekaligus yang kerap dipesan oleh pelanggan. Yang pertama adalah Spiced Barbeque Beef Ribs. Perpaduan daging iga sapi yang begitu empuk dan lembut yang disiram dengan saus dengan citarasa manis khas barbeque terasa sangat pas dan mampu memanjakan lidah Anda.

Terlebih jika dinikmati bersama dengan ratatouille dan baked potato dengan tartare sauce yang juga hadir dalam sepiring Spiced Barbeque Beef Ribs ini. Untuk menikmati satu porsi kelezatan ribs ini Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp165.000++.

"Jadi bahan dasarnya adalah iga sapi impor yang dengan proses memasaknya itu kita braised. Braised itu sejenis diungkep. Jadi dengan kematangan yang well done, setelah itu kita baru finishing-nya nanti di-braised dengan bbq sauce. Jadi setelah di-braised dan bumbunya meresap dengan berbagai macam herbs baru kita grill. Setelah grill, kita dusting dengan bbq sauce, done,” ujar Chef Marwan.

Hidangan ini tampil bersama vegetable ratatouille. Pelengkap ini hadir dengan bentuk seperti cincin bertumpuk. “Ada turnip, zucchini, eggplant, tomato. Kita bikin layer terus kita lapisi dengan berbagai tomato sauce, ada parmesan cheese, dengan finishing-nya kita baked, kita panggang, supaya cheese-nya itu melt,” tutur Chef Marwan.

Sementara untuk kentang, Chef Marwan memilih untuk memanggangnya. “Kita cari potato yang memiliki skin yang bagus yah, yang kulitnya bisa kita makan. Nah, ini kita bungkus dengan aluminum foil. Kita kasih sedikit salt biar ada rasanya, habis itu kita oven dengan suhu 180 kurang lebih 45 menit," imbuh dia.

2. No-Bake Cheese Cake

No-Bake Cheese Cake Novotel Tangeran
Kelembutan jaconde yang dipadu dengan cream cheese dan potongan buah serta berbagai saus segar ini membuat No-Bake Cheese Cake ini benar-benar memanjakan lidah Anda.

Menu andalan The Square selanjutnya adalah No-Bake Cheese Cake. Satu piring menu dessert satu ini terdiri dari jaconde atau sejenis sponge cake yang berpadu dengan cream cheese dan di atasnya dihiasi buah-buahan seperti peach, strawberry, dan yang dipotong dadu kecil-kecil.

Frozen cheese cake ini juga dilengkapi dengan saus mangga, buah raspberry, dan chocolate ganache dengan cookie crumble sebagai garnish. Rasa yang ditawarkan satu porsi No-Bake Cheese Cake ini begitu komplit, ada manis dan asam namun terasa pas ketika disantap sebagai kudapan pencuci mulut. Satu porsi cheese cake lezat ini dibanderol dengan harga Rp55.000++

"Ini cheese cake tidak dibakar. Frozen. Bahan dasarnya cream cheese, pakai yang dari Australia. Jadi cream cheese sama cream sama gelatin. Rasanya manis segar, karena dia mengandung lime juice sama orange juice. Asam manis segar. Base-nya ini jaconde, sejenis sponge bahannya tepung almond dengan gula halus. Pelengkapnya ada dark chocolate ganache. Buahnya ada peach, strawberry, kiwi, kalau yang di bawah, raspberry. Ini termasuk favorit juga. Sauce-nya mango, dari mango puree sama gula,” ungkap pastry chef The Square, Iwan Kuswanto.

Selain dua menu unggulan tersebut, para chef The Square juga menghadirkan beragam menu Nusantara yang ternyata amat digemari oleh pengunjung hotel, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari mancanegara.

3. Nasi Bakar Lengkong

Nasi Bakar Lengkong Novotel Tangerang
Sepiring Nasi Bakar Lengkong ala The Square Novotel Tangeran ini akan membuat Anda ketagihan.

Menu yang hingga saat ini masih menjadi incaran pengunjung The Square dan Novotel Tangerang adalah Nasi Bakar Lengkong. Menu yang satu ini terdiri dari nasi yang diberi santan dan di dalamnya terdapat ikan teri, cabai, dan tumisan jamur, kemudian dibakar dengan daun pisang.

Nasi bakar yang satu ini juga dilengkapi dengan sambal goreng udang yang berukuran cukup besar, telur pindang, dan ayam goreng yang begitu lembut dan langsung lepas dari tulangnya ketika dipotong. Tak salah jika ini merupakan menu yang selalu membuat pelanggan The Square ketagihan. Pasalnya satu porsi Nasi Bakar Lengkong ini menyediakan paket lengkap dengan menghadirkan sayuran, telur, ikan, udang, dan ayam serta nasi dalam satu piring saji. Untuk satu porsi nasi bakar penggugah selera ini dibanderol dengan harga Rp85.000++.

4. Sop Buntut

Sop Buntut Novotel Tangerang
Sop Buntut ala Novotel Tangerang ini memiliki kuah yang segar, hangat dan kaya rempah. Daging buntutnya juga empuk dan kenyal.

Meski kita kerap menemukannya di berbagai restoran, sop buntut ala The Square ini memiliki cita rasa yang khas. Kuahnya begitu segar, hangat, dan sarat akan rempah-rempah Indonesia. Sedangkan daging buntutnya juga empuk dan kenyal.

Anda tentu dapat memilih daging buntut yang direbus, digoreng, ataupun dibakar. Menu Sop Buntut ini juga dilengkapi dengan nasi putih, sambal, acar, dan kerupuk udang. Satu porsi sop buntut lengkap ini dibanderol dengan harga Rp 110.000++.

5. Yellow Lychee

Yellow Lychee Novotel Tangerang
Yellow Lychee adalah minuman yang diburu para tamu Novotel Tangerang. Perpaduan sirup jeruk dan leci serta soda ini memberikan sensasi kesegaran.

Tak hanya makanan Nusantara dan dessert yang lezat, The Square juga menyediakan beragam pilihan minuman yang dapat menghilangkan rasa dahaga Anda. Salah satu signature drink yang menjadi favorit pelanggan adalah Yellow Lychee.

Perpaduan sirup jeruk dan leci yang disajikan dengan buah leci utuh dan tambahan soda ini benar-benar memberikan sensasi kesegaran yang sayang untuk Anda lewatkan. Satu gelas Yellow Lychee ini dibanderol dengan harga Rp38.000++.

"Yellow Lychee, ini jadi favoritnya tamu-tamu. Ternyata pada banyak pesan ini. Ini lychee di baked dulu, kemudian ada campuran juice lychee (syrup), dicampur dgn orange syrup, kemudian terakhirnya ada soda. Jadi rasanya memang segar, asem, tapi ada manisnya juga,” Novi Janti, Public Relations Executive Novotel Tangerang.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5442 seconds (0.1#10.140)