Cara Kreatif Mencari Kerja

Sabtu, 25 April 2015 - 11:40 WIB
Cara Kreatif Mencari Kerja
Cara Kreatif Mencari Kerja
A A A
Proses mencari kerja terkadang melelahkan. Mengetik, mengirim lamaran, belum lagi menunggu dengan penuh harap akan adanya telepon untuk wawancara kerja. Namun, cerita membosankan dan memakan waktu ini seharusnya sudah tak terjadi lagi. Dengan langkah yang benar, Anda bisa mencari kerja dengan hati riang, gembira, tanpa banyak keluhan, seperti yang berikut ini.

Buatlah hal yang membosankan menjadi hal yang mudah

Ada beberapa “peralatan perang” yang bisa membantu Anda melawan kejenuhan mencari kerja. Anda bisa menggunakan aplikasi visualcv.com untuk mempermudah membuat beberapa versi dari resume Anda. Gunakan template spreadsheet gratis untuk melacak kemajuan aplikasi Anda. Atau gunakan juga fitur CRM secara gratis atau terjangkau untuk mengelola kontak Anda. Jangan lupa gunakan Yesware untuk melacak respons email.

Lacak kemajuan Anda

Anda harus membuat target yang terukur untuk proses aplikasi pekerjaan Anda. Misalkan lamaran pekerjaan yang komplet, menghadiri acara-acara yang terkait dengan lamaran pekerjaan, dan lainnya. Anda bisa melacak semua perhitungan ini dan terus melakukan perbaikan setiap minggunya. Untuk menjaga motivasi Anda, Anda bisa menghadiahi diri Anda setelah Anda mencapai tujuan harian Anda.

Jaga diri

Melamar kerja bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Karena menjadi penting untuk tetap menjaga kesehatan, termasuk pola makan, olahraga, dan hiburan untuk diri sendiri. Anda bisa beristirahat sebentar dari layar komputer, libur di akhir pekan, atau meditasi. Satu hal yang harus diingat. Semakin Anda sehat dan bahagia, maka performa Anda saat mencari pekerjaan dan proses wawancara akan semakin lebih baik.

Carilah pekerjaan yang menginspirasi Anda


Buatlah daftar semua produk dan layanan yang Anda sukai dan membuat daftar lain dari semua perusahaan yang menjadi target Anda. Kemudian, Anda bisa langsung mengklik halaman karier di setiap laman situs perusahaan. Gunakan juga waktu luang Anda untuk mengembangkan keterampilan baru dengan membangun sebuah proyek yang akan membantu Anda baik dalam pencarian kerja dan karier pada masa depan. Caranya? Anda bisa membuat situs, belajar tentang Excel, bahkan belajar bahasa negara lain.

Tetap termotivasi dengan terus berkreasi


Perlakukan pencarian kerja Anda sebagai kompetisi yang akan Anda menangi. Jika Anda percaya diri dan bersenang-senang, akan terlihat pada aplikasi pekerjaan Anda dan dalam wawancara, yang pada gilirannya akan memberikan kesempatan yang lebih baik untuk sukses. Jika Anda merasa kreatif, buktikan itu. Anda bisa mempertimbangkan untuk memperkenalkan diri Anda melalui video dan dikirim ke perusahaan yang Anda inginkan.

Menghadiri industri terkait, bukan acara jaringan kerja (networking)


Acara networking kerap penuh dengan orangorang yang sibuk membagi-bagikan kartu nama mereka. Namun, pada kegiatan industri ini berlangsung jauh lebih baik. Anda bisa melihat situs asosiasi industri yang relevan untuk mencari acara menarik yang berkaitan dengan bidang pekerjaan Anda.

Susi susanti/mashable.com
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5576 seconds (0.1#10.140)