Variasi Olahan Terung

Selasa, 28 April 2015 - 09:04 WIB
Variasi Olahan Terung
Variasi Olahan Terung
A A A
TERUNGmerupakan sayuran yang terbilang mudah diolah dan bervariasi. Sayuran ini mengandung nutrisi tertentu dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Terung juga terdiri atas varian lain yang menuntut pengolahan berbeda.

Bagi Anda yang tak suka terung, mulai sekarang belajarlah mencobanya. Siapa tahu Anda bisa menyukainya. Terung adalah salah satu tanaman asli Srilanka yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Solanum melongena dikelaskan dengan buah beri dan mengandung manfaat untuk kesehatan.

Pada umumnya sayuran terung mengandung zat besi, kalsium, dan mineral yang memasok nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Kandungan phyto yang terdapat pada sayuran ini penting untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menutrisi otak. Hal yang harus Anda ketahui bahwa untuk mengoptimalkan nutrisi yang terkandung dalam terung sebaiknya tidak membuang kulit terung.

Sementara bagi yang mempunyai masalah dengan pencernaan, terung adalah salah satu sumber serat yang melindungi saluran pencernaan. Bahkan, dengan rutin mengonsumsi terung dapat melindungi dari kanker usus besar. Bagi yang tengah berdiet, masukkan terung dalam menu diet Anda. Memiliki kalori yang rendah sehingga tidak mengandung lemak yang membahayakan kesehatan, kadar serat yang tinggi pada terung juga membantu merasa kenyang. Kini terung telah menjelma menjadi masakan berkelas.

Pengolahannya beragam, yaitu dipanggang, direbus, ataupun dimasak sebagai menu utama yang tidak kalah menarik dengan bahan lain. Manfaatnya yang diyakini untuk kesehatan mendorong banyak chef ternama tak segan mengolah terung sebagai salah satu bahan yang digunakan saat memasak. Seperti resep pasta dengan terung dan tomat ceri yang dilansir dari realsimple.com.

Pasta yang digunakan adalah penne . Caranya pun terbilang sederhana, masak penne sampai matang, lalu tiriskan dan sisihkan. Berikutnya tumis terung dengan minyak zaitun dan sesekali dibalik agar matang merata hingga terung menjadi empuk dan kecokelatan lebih kurang 8-10 menit. Lalu tambahkan tomat, bawang putih, paprika merah, garam, merica hitam, dan masak hingga tomat menjadi lebih empuk sekitar 2-3 menit.

Setelah masak, campur penne dan tambahkan keju mozzarella, lalu taburi dengan daun mint. Resep lain dari negeri sendiri sebut saja terung goreng tepung, sambal terung, opor terung, tumis terung ebi, pepes terung peda, hingga terung ayam kecap. Terung juga bisa dibuat menjadi kari berbahan dasar sayuran ataupun dipanggang dan dibakar. Terung ungu bukan hanya berbentuk panjang, ada pula yang bentuknya bulat.

Terung ungu dengan warna lebih tua dijuluki terung jepang karena terung ini lazim digunakan dalam masakan Jepang seperti tempura. Kelebihannya, teksturnya kering dan memiliki rasa renyah. Adapun, yang warnanya tak terlalu gelap justru berkarakter lebih lunak. Adapun terung pipit biasa disebut terung mini karena ukurannya yang memang kecil dan bentuknya bulat. Terung jenis ini cocok digunakan sebagai lalapan ataupun untuk membuat karedok.

Namun, sebaiknya masak lebih dulu terung karena terung mengandung racun solamine yang dapat menyebabkan alergi. Adapula terung telunjuk yang biasa ditemukan pada masakan Sumatera. Umumnya terung ini dimasak menjadi gulai, misalnya dengan campuran udang atau daging sapi serta sambal balado. Bisa juga dibuat tumisan dengan tambahan tauco. Beda lagi dengan terung belanda, biasa dibuat sirup atau jus, rasanya agak asam dengan tampilan fisik lonjong menyerupai telur dengan ujung runcing.

Daging buahnya mengandung banyak sari buah. Warnanya sendiri agak hitam sampai kekuningan, kulit buahnya tipis. Sewaktu belum matang berwarna kuning dan berubah menjadi ungu ketika sudah matang. Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras. Untuk memilih terung, perhatikan permukaannya. Pilih terung dengan permukaan mengilat, tidak layu, dan segar.

Terung segar tak terlalu lembek jika ditekan. Hindari membeli terung dengan bintik-bintik cokelat. Pilihlah yang masih muda atau belum matang agar rasanya tak terlalu pahit. Simpan terung di tempat kering. Bungkus dengan plastik. Sebab, semakin lama terung akan mudah busuk dan berasa pahit. Sebaiknya gunakan terung dua hari paling lama setelah pembelian

Sri noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7181 seconds (0.1#10.140)