Eksplorasi Gaya Jumpsuit

Rabu, 29 April 2015 - 08:37 WIB
Eksplorasi Gaya Jumpsuit
Eksplorasi Gaya Jumpsuit
A A A
MUSIMini busana dengan gaya jumpsuit masih menjadi favorit untuk dikenakan. Bahkan, para bintang dan pesohor seperti Claire Danes, Emma Watson, dan Lindsey Wixson ikut meramaikan penggunaan jumpsuit yang semakin trendi di red carpet teranyar.

Potongan busana inspirasi retro ini sejak tahun lalu sudah sering tampil di catwalk . Namun, pada musim terbaru ini eksplorasi gayanya semakin beragam. Sebutlah label Roksanda yang pada spring/summer 2015 menerapkan aksen di bagian dada pada potongan jumpsuit .

Kemudian ada penambahan detail kancing yang dibuat oleh label Celine untuk spring/summer 2015 hingga terlihat menjadi begitu menarik. “Jadilah lebih berani mengenakan jumpsuit dan cobalah gaya utilitarian pada musim semi ini,” tulis Alice Newbold, kolumnis mode di Telegraph.co.uk. Kini gaya jumpsuit bisa lebih berani dengan kesan playful seperti yang dibuat oleh label Roksanda.

Playful di sini juga bisa menjadi feminin dengan embellishment , ditambah dengan aksesori sandal sehingga berkesan santai. Bagi yang menyukai kesan santai, maka pilihan jumpsuit dengan material denim sehingga memberi pengaruh kesan “young”. Namun, untuk menyeimbangkannya, maka penggunaan aksesori sepatunya akan cocok dengan penambahan block tumit. Bila tetap menyukai kesederhanaan, maka nada pucat atau polos jumpsuit yang ramping akan menjadi pilihan yang tepat.

Sementara, pemilihan skema warna militer seperti celana khaki akan memberi kesan utilitas. Pilih salah satu siluet memperlihatkan daya tarik. Perhatikan pada potongan di daerah pinggang, jangan ketat atau di daerah bokong yang terlalu ketat akan membuat tidak nyaman. Pilihan lain agar tidak terlalu ketat di bagian pinggang adalah dengan menambahkan belt untuk ansambel.

Kesan edgy juga bisa didapatkan dengan padu padan jumpsuit dengan jaket kulit chic dan sepatu hitam klasik. Padanan platform sepatu heels ketika mengenakan jumpsuit sangat baik karena akan membuat kaki lebih jenjang. Hal ini layaknya akan tepat dikenakan dalam acara formal, seperti halnya para bintang Hollywood di karpet merah berbagai perayaan. “Baik di acara Festival Film Tribeca, CinemaCon, dan press tours The Age of Adaline dan The Avengers . Ini adalah pekan besar bagi bintang Hollywood membuat penampilan di karpet merah dan mereka memilih jumpsuit yang chic ,” tulis Dhani Mu dari Fashionista.com.

Coba gaya longgar fit fan jumpsuit abadi Maggie Gyllenhaal atau yang dikenakan Elizabeth Banks berupa jumpsuit printed yang dipadu dengan sepatu heels runcing berwarna silver . Aktris Claire Danes tak mau kalah, saat acara Performance Space Spring Gala 2015, dia mengenakan jumpsuit rancangan Narciso Rodriguez. Adapun bagi sebagian orang, model busana jumpsuit seperti membangkitkan lagi inspirasi yang datang dari pakaian para mekanik. Para pengemudi mobil balap dan astronot.

Namun, utamanya fashion ini memiliki sejarah yang menarik. Dimulai pada awal 1900-an, orang mulai memakai jumpsuit untuk kenyamanan dan fungsionalitas. Jumpsuit menjadi seragam pilot selama Perang Dunia I, kemudian setelah itu muncul banyak inovasi. Ketika NASA mulai mengembangkan pakaian untuk astronot pada tahun 1950, versi hi-tech dikembangkan dalam upaya untuk memungkinkan perkiraan yang tepat dari gerakan dan menggabungkan fitur-fitur khusus, seperti kontrol suhu dan pengaturan tekanan.

Jumpsuit ini juga terkait erat dengan hak-hak perempuan. Perempuan mulai memakai jumpsuit selama Perang Dunia II ketika ada situasi kekurangan tenaga kerja dan perempuan mulai mengambil alih pekerjaan yang sebelumnya diperuntukkan bagi laki-laki. Menggunakan jumpsuit sebagai bentuk fashion modis terus berlanjut, hingga tahun 1970-an banyak penyanyi terkenal, terutama Diana Ross, menghidupkan kembali tren ini.

Semakin modern zaman, jumpsuit terus diperbaharui sebagai pilihan busana berani untuk perempuan dari segala usia. Ada banyak jenis jumpsuit, termasuk rompers, jumpsuit dengan celana pendek. Bentuk lain menjadi pantsuit yang terlihat seperti gaun dari celana. Untuk memilih jenis jumpsuit dengan printed maupun warna, ada beberapa trik yang harus disesuaikan dengan tubuh penggunanya.

Warna hitam, putih, maupun abu-abu sebagai palet dasar sangat mudah dan cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai aksesori dan perhiasan. Namun, bagi mereka yang sedikit lebih berani, jumpsuit pun hadir dalam berbagai pola cetakan. Berhati-hatilah dalam pola tertentu, misalnya animal print dan garisgaris yang membuat tubuh lebih gemuk.

Dyah ayu pamela
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4395 seconds (0.1#10.140)